Prosesi Pisah Sambut Walikota Bandung, Emil Titip Kota Bandung ke Oded-Yana

21/09/2018 20:21:35 Kategori:

INILAHONLINE.COM, BANDUNG

Gubernur Jawa Barat, yang merupakan Walikota Bandung masa jabatan 2013-2018, Mochamad Ridwan kamil, melaksanakan prosesi serah terima jabatan, dan pisah sambut dengan Walikota, dan Wakil Walikota Bandung 2018-2023 terpilih, Oded M. Danial, dan Yana Mulyana, di Plaza Balai Kota Bandung, Jumat (21/09/2018).

Kepada Oded-Yana, Emil, sapaan akrab Gubernur Jabar, menitipkan Pemerintahan Kota Bandung, dengan terus menjaga tradisi prestasi yang telah diraih selama ini, dan terus menambah raihan prestasi selama lima tahun mendatang.

“Situasi saat ini sangat istimewa. Dimana Walikota Bandung menjadi Gubernur, sementara Wakil Walikotanya menjadi Walikota. Mungkin baru kali ini Walikota dilantik mantan Walikota,” kata Emil.

Emil juga mengungkap, bahwa dirinya bisa meninggalkan Pemerintahan Kota Bandung dengan sedikit perasaan lega. Karena Ia percaya, dan tahu betul gaya Oded bekerja. Selain itu, Emil juga percaya para ASN Juara Kota Bandung dapat bekerja maksimal.

“Ini situasinya agak istimewa. Saya berbisik ke Mang Oded, semua indah pada waktunya. Setiap aspirasi akan Allah SWT kabulkan di waktu yang Allah SWT tetapkan,” kata Emil.

“Kita paham, jabatan adalah sementara. Jangan terlalu nyaman dengan jabatannya. Tapi yang diukur adalah kemanfaatannya, Ketua RT bisa lebih mulia dari Gubernur, kalau dia memberikan banyak manfaat bagi masyarakat,” tuturnya.

Emil pun menyampaikan kepada Oded- Yana, untuk menganut prinsip “Blue Ocean Ideology“. Artinya, saking besarnya gelombang, ombak yang dahsyat tidak akan terkejar oleh apapun.

Maka, dalam bekerja di pemerintahan, di saat kota-kota lain berusaha mengejar prestasi Kota Bandung. Kota Bandung terus menghasilkan inovasi-inovasi baru.

“Kota Bandung terus lari, jadi tidak terkejar, malah bisa jadi percontohan tak hanya di level nasional, tapi juga internasional,” katanya.

Selain itu, kepada jajaran SKPD Kota Bandung, Emil menginstruksikan supaya bekerja bukan hanya menjaga kenormalan, tetapi terus produktif membuat terobosan baru.

“Jangan terjadi ketidaknormalan. Tugas berinovasi adalah tugas Dinas, jadikan wilayah kita ‘zero complain government.‘ Karena semakin sedikit komplain, menandakan tugas kita semakin baik,” pesan Emil.

Sementara itu, Walikota Bandung, Oded M Danial mengungkap rasa bangganya telah lima tahun berkesempatan berjuang bersama Emil membangun Kota Bandung.

“Kini kang Emil bukan pergi untuk meninggalkan kita, tapi dia naik level,” sambung Oded.

Maka dari itu, Oded- Yana, katanya, akan senantiasa meminta bimbingan dan arahan, serta menyambung koordinasi yang baik dengan Gubernur Jawa Barat, dalam beebagai hal terkait pembangunan.

(Frida)