oleh

Puluhan Guru SMP dan MTs di Tebo Antusias Ikuti Pelatihan Program PINTAR

INILAHONLINE.COM, TEBO-JAMBI

Guru SMP dan MTs Kabupaten Tebo antusias mengikuti pelatihan pembelajaran modul 1 Program PINTAR Tanoto Foundation. Pelatihan yang diselenggarakan selama tiga hari tersebut melibatkan delapan guru MTs dari MTsN 1 Tebo dan MTsN 4 Tebo, Selasa-Kamis, (11-13/2/2020).

Selain peserta dari perwakilan Kementerian Agama, kegiatan tersebut juga diikuti 42 orang peserta dari sekolah mitra. Sekolah mitra yang ditunjuk berasal Kementerian Agama Kabupaten Tebo dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo, difasilitasi oleh 10 Falitator Daerah (Fasda) Kabupaten Tebo.

Peserta pelatihan praktik baik berasal dari dua sekolah mitra di bawah naungan Kementerian Agama, mengirimkan 12 orang guru dan 1 orang kepala sekolah. 8 Peserta berasal dari MTsN 1 Tebo dan 4 orang dari MTsN 4 Tebo. 30 orang peserta berasal dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tebo.

 

Kesan peserta selama mengikuti pelatihan sangat menarik dan antusias selama belajar dan berdiskusi.

“Wah, kegiatan ini luar biasa, sangat menarik,” kata Firdaus, salah seorang peserta.

Megayani yang mengampu pelajaran Bahasa Inggris peserta dari MTsN 4 Tebo juga menyampaikan bahwa pembelajaran aktif ini memberikan pengalaman yang menarik baginya.

“Saya merasa enjoy, kerbersamaan terpupuk, dan bebas dalam berpendapat,” ujarnya.

“Saya mendapatkan pengetahuan yang sebelumnya belum saya ketahui tentang unsur pembelajaran aktif dan harapannya saya bisa menerapkannya di setiap pembelajaran saya,” ujar Tumpal, guru mapel IPS SMP N 8 Tebo.

“Tidak membosankan, sangat menyenangkan dan saya mau pelatihan ini lebih lama,“ celetuk Nely dari SMPN 31 Tebo yang mengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Kegiatan praktik baik yang dilakukan peserta sudah tergambar dari hasil kerja mereka masing-masing kelompok.

“Mereka menerapkan langsung di praktik mengajar,” ungkap Hepi Kurniati, salah satu Fasda yang berasal dari SMPN 1 Tebo.

Hepi mengaku puas dengan kegiatan pelatihan ini. Semoga pelatihan praktik baik ini membawa dampak positif oleh peserta dan dapat diterapkan di sekolah masing-masing.

(Ahmad Syiful Bahri)

Komentar