Puluhan Rumah Rusak Diamuk Puting Beliung

INILAHONLINE.COM, BREBES — Setidaknya 35 rumah warga rusak akibat puting beliung mengamuk di dua desa di wilayah Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Selasa siang (11/10/2022).

Tampak Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat, melakukan pengecekan dan mendata kerusakan di rumah-rumah warga.

Dijelaskan Danramil 03 Wanasari Mayor Infanteri Solekhudin, tidak ada korban jiwa namun 35 rumah terdampak, yaitu 33 atap rumah rusak ringan dan 2 rusak sedang.

Dari Jumlah tersebut, 21 rumah yang rusak milik warga Desa Sigentong RW. 04 dan RW. 05, serta 14 rumah warga Desa Siwungkuk.

“Beberapa rumah atapnya roboh, sedangkan yang lain gentengnya berserakan karena terhempas puting beliung disertai hujan yang terjadi sekitar pukul 13.30-14.30 WIB,” bebernya.

Menurut taksiran, kerugian akibat fenomena alam itu yakni di Desa Sigentong mencapai Rp. 100 juta, sementara di Desa Siwungkuk mencapai Rp. 50 juta.

Kondisi bangunan dari beberapa rumah yang atapnya roboh itu memang sudah rapuh, sementara untuk genteng yang terhempas angin itu rata-rata genteng kuno dan riskan tersapu angin kencang.

“Anggota kami telah melakukan koordinasi dengan Muspika dan pemerintah desa masing-masing untuk melakukan gotong royong perbaikan bangunan yang rusak besok,” tandasnya.

Bersama unsur terkait pihaknya juga melakukan himbauan agar warga memangkas cabang-cabang pohon yang dekat pemukiman dan di pinggir jalan agar pohon tidak mudah tumbang atau patah cabangnya sehingga membahayakan jiwa saat ada lagi angin besar. (Aan)

banner 521x10

Komentar