oleh

Puncak Latihan Uji Siap Tempur Tingkat Kompi/Baterai Gabungan Batalyon BS dan Denpal Divif 2 Kostrad

INILAHONLINE.COM, SITUBONDO

Latihan Uji Siap Tempur (UST) tingkat Kompi/Baterai gabungan Batalyon BS (Berdiri Sendiri) dan Denpal Divif 2 Kostrad telah tiba pada puncak latihan. Latihan UST yang diselenggarakan di Pusat Latihan dan Tempur (Puslatpur) Marinir 5 Baluran, Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur ini dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 24 hingga 27 September 2019. Jum’at (27/9).

Uji kesiapan tempur merupakan program yg telah distandarisasikan dan dilaksnakan secara bertahap, bertingkat dan berkelanjutan. UST diselenggranakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan serta kemampuan sekaligus menguji sejauh mana kesiapan tempur satuan tersebut.

Latihan UST ini diikuti oleh 1 Kompi Kavaleri dari Yonkav 8 Kostrad, 2 Baterai Arhanud dari Yonarhanud 2 Kostrad, 1 Kompi Bekang dari Yonbekang 2 Kostrad, 1 Kompi Zipur dari Yonzipur 10 Kostrad, 1 Kompi Kesehatan Lapangan dari Yonkes 2 Kostrad serta 1 Kompi Peralatan dari Denpal Divif 2 Kostrad.

Satu Kompi Kavaleri melaksanakan uji siap tempur perkuatan Satgasrat 9 Dharaka Yudha. Pada mekanisme latihan dilaksanakan Gerak Maju Untuk Kontak (GMUK), serangan, pertahanan dan pemindahan ke belakang.

Dalam tiap-tiap taktik tersebut, pelaksanaannya masing-masing kecabangan melaksanakan Gemuk, serangan, pertahanan dan pemindahan ke belakang sesuai dengan fungsi kecabangan masing-masing.

Sementara itu, selaku Wakil Komandan Latihan (Wadanlat) yaitu Asisten Operasi Kasdivif 2 Kostrad Letkol Inf Septa Viandi Dwi, , S.I.P. menyampaikan bahwa dengan berakhirnya latihan UST tersebut, berarti penyelenggara dan peserta latihan telah menuntaskan seluruh tahapan latihan. “Secara umum saya sampaikan, pelaksanaan Uji Siap Tempur tingkat Kompi/Baterai ini dapat berjalan cukup baik dan lancar, kata Asops.

Lebih lanjut, “Apapun hasil dari penilaian uji siap tempur ini, kalian harus bertanggung jawab dengan tetap terus berlatih dan berlatih, sehingga akan tercapai tingkat kesiapan operasional yang maksimal,” tegasnya.

Letkol Inf Septa Viandi Dwi, , S.I.P. juga memberikan sejumlah arahan kepada seluruh peserta UST untuk dijadikan pedoman dalam menjalankan tugas. “Saya berharap kepada seluruh peserta latihan untuk terus menerus meningkatkan kemampuan, baik olah keprajuritan maupun kemampuan yang bersifat taktis,” pungkasnya.

(Susilo)

Komentar