oleh

Puslitbangnak Kota Bogor Gelar Bursa Hewan Qurban

InilahOnline.com (Kota Bogor) – Bursa Hewan Qurban (BHQ) yang ke-17 kalinya kembali kembali digelar oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) Kota Bogor berkerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Pertanian (Distan) Kota Bogor.

Kegiatan BHQ ke-17 tahun 2017 berlangsung di Lapangan Puslitbangnak, jalan Pajajaran Kota Bogor dan digelar 23 hingga 1 September 2017.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan Atien Priyanti mengatakan, pada tahun 2017 ini BHQ diikuti 20 peternak penjual, yang berasal dari wilayah Bogor, Cianjur, Sukabumi, ada juga dari Jawa Tengah dari Boyolali, dan Lumajang dari Jawa Timur.

“Dengan jumlah lapak yang terdiri dari 200 ekor sapi serta 300 ekor kambing dan Domba,” kata Atien, Sabtu (26/8/2017).

Kepala Distan Kota Bogor Irwan Riyanto menyampaikan, diadakan BHQ tersebut adalah untuk memudahkan pengawasan lalu lintas hewan qurban di Kota Bogor.

“Banyak penjualan hewan qurban musiman yang belum terjamin kesehatannya, keamanan dan sesuai syariat. BHQ diperlukan, selain untuk kelangsungan pedagan hewan qurban, juga untuk melindungi masyarakat agar mendapatkan hewan yang layak dengan harga yang relatif terjangkau,” tandasnya.

Sementara salah satu calon pembeli hewan kurban Rahma menegaskan, dirinya datang ke BHQ awalnya mendengar kabar dari teman-temannya yang sudah lebih dahulu datang untuk sekedar melihat-lihat dan membeli di BHQ tersebut. Selain murah dan aman juga dijamin kesehatannya.

“Kebetulan saya lagi mencari hewan Qurban untuk Idhul Adha nanti, siapa tau ada yang cocok dan harganya cukup murah,” tegasnya. (Nicko)

Komentar