oleh

PWI Jabar Lakukan Penyemprotan Cairan Disinfektan Guna Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

INILAHONLINE.COM, BANDUNG

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Barat (Jabar) melakukan penyemprotan cairan disinfektan guna memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19, di kantor Sekretariat PWI Jabar di Jalan Wartawan II No 23, Buah Batu, Kota Bandung, Kamis (26/3/2020).

Penyemprotan yang dilakukan oleh petugas dari tim Human Initiative Bandung itu menyasar setiap sudut ruangan kantor, mulai dari lantai satu hingga ke lantai dua serta GOR PWI Jabar yang ada disebelahnya

”Upaya ini untuk mengantisipasi mata rantai penyebaran Covid-19, karena kantor sekretariat sering digunakan untuk rapat-rapat dengan melibatkan sejumlah orang pengurus,” ujar Ketua PWI Provinsi Jabar, Hilman Hidayat.

Selain itu, penyemprotan cairan desinfektan ini dilakukan sebagai upaya PWI Jawa Barat dalam rangka pencegahan meluasnya penularan virus corona serta memberikan perlindungan kepada seluruh pengurus PWI Jawa Barat dan pengurus daerah yang datang berkunjung.

”Upaya ini untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Karena kantor sekretariat sering digunakan untuk rapat-rapat,” ujar Hilman.

 

Menurut Hilman, penyemprotan cairan desinfektan ini dilakukan sebagai upaya PWI Jawa Barat dalam rangka pencegahan meluasnya penularan virus corona serta memberikan perlindungan kepada seluruh pengurus PWI Jawa Barat dan pengurus daerah yang datang berkunjung.

Penyemprotan menggunakan cairan disinfektan itu, dilakukan oleh petugas dari tim Human Initiative Bandung.

“Saya menghimbau agar para wartawan selalu memperhatikan kesehatan dan keamanan terutama saat melakukan liputan, yaitu selalu gunakan alat pelindung diri saat bertugas. Selalu perhatikan kesehatan dan protokol peliputan,” ujarnya.

Masih kata Hilman, ia juga meminta agar wartawan tidak menambah kepanikan masyarakat dalam membuat berita tentang Covid-19. “Jangan membuat berita yang bisa menimbulkan kepanikan. Berikan edukasi kepada masyarakat dan selalu patuhi etika jurnalistik,” tandas Hilman.

Sementara itu, Koordinator Pelaksana Human Initiative Iyan Sudiana menghimbau agar masyarakat tetap memperhatikan anjuran kemenkes seperti rajin cuci tangan dan menjaga kesehatan.

“Penyemprotan ini salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Masyarakat tetap dihimbau untuk mentaati anjuran pemerintah seperti rajin mencudi tangan, menjaga kesehatan serta tetap berada dirumah dan mengurangi berpergian,” kata Iyan.

Menurut Iyan Sudiana, Human Initiative sendiri, sambung Iyan, adalah lembaga kemanusiaan yang telah berdiri selama 20 tahun dan diakui oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Adapun keberadaan Human Initiative di Indoensia sendiri telah memiliki 17 kantor cabang.

“Diantara kegiatan kami saat ini adalah penyebaran cairan disinfektan ke setiap sarana umum dan perkantoran. Penyemprotan ini tidak dipungut bayaran alias gratis. Jika ada fasilitas umum, sekolah atau kantor yang ingin disemprot silahkan menghubungi kami di nomer ini 081320594609,” pungkas Iyan.

(Hilda)

Komentar