oleh

PWI Kabupaten Bogor Bersama Perguruan Merpati Putih “melawan” Covid-19

INILAHONLINE.COM, CIBINONG

Para wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor melakukan senam kebugaran untuk “melawan” Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) bersama perguruan Merpati Putih Cabang Khusus Jayadiningkrat, Cibinong Bogor, di halaman Kantor Sekretarian PWI kabupaten Bogor, Cibinong, Sabtu (26/12/2020)

Senam gerakan olah tubuh “Anti Corona” yang di inisiasi oleh Perguruan ilmu tenaga dalam Merpati Putih cabang khusus Jayadiningrat ini, digelar di halaman kantor Sekretariat PWI Kabupaten Bogor, Gedung Pusdai, Jalan bersih No.1, Kompke Perkantpran, Pemkab Bogor, di Cibinong, , Sabtu (26/12/2020).

Ketua Merpati Putih cabang khusus Jayadiningkrat, Sulistianto ketika mengajarkan sejumlah tehknik pernapasan kepada para anggota PWI Kabuptaen Bogor

Menurut Ketua Perguruan Merpatih Putih Cabang Khusus Jayadiningkrat, H. Sulistianto, SIP, MH, bahwa kegiatan senam kebugaran gerakan olah tubuh “Anti Corona” ini diajarkan sejumlah tehnik dasar senam kebugaran untuk menjaga stamina tubuh, dengan harapan agar kuat dalam menghadapi berbagai macam penyakit.

“Latihan tehnik senam kebugaran anti Corona bertujuan untuk menjaga kesehatan fisik dan juga batin kita. Membuang energi negatif yang ada di hati dan pikiran yang bisa menjadi sumber penyakit,” ujarnya.

Menurut pria asal Jawa tengah ini, sebelum melakukan latihan para peserta senam kebugaran ini wajib berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan kita masing-masin untuk minta perlindungan kepada Allah SWT, karena apa yang dilakukan ini semua seizin Allah SWT, agar segala penyakit apapun yang ada dalam tubuh kita hilang.

“Latihan awal ini sebatas pemanasan agar tubuh rileks dan tidak merasa kaget, diantaranya pemanasan tehnik pernafasan dulu yang berikutnya nanti akan dicoba untuk mengajarkan tehnik beladiri atau yang lainnya,” ungkapnya .

Sulistianto ujga mengatakan, dalam senam kebugaran ini jangan terlalu diforsir tenaga kita, intinya semua dimulai dari pernafasan. Sebab, tidak hanya meningkatkan kemampuan fisik, tehnik pernafasan Merpati Putih juga meningkatkan tenaga internal, energi sadar dan masih banyak lagi. Inti dari olah nafas Merpati Putih adalah memperbaiki sel-sel dalam tubuh. Ketika olah nafas dilatih untuk mengosongkan oksigen dengan membuang nafas, kemudian ditahan tanpa oksigen tiga jari dibawah pusar.

“Dengan dilatih tanpa oksigen, sel-sel tubuh akan aktif untuk bergerak. Olah nafas ini juga disamping untuk meningkatkan imun tubuh juga mempercepat penyembuhan bagi pasien yang terpapar covid-19,” jelas Sulistianto yang akrab dipanggil Haji Sulis ini

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Bogor, H. Subagiyo meyampaiakn ucapan terima kasih atas waktu dan kepedulian dari Perguruan Merpatih Putih Cabang Khusus Jayadiningkrat yang telah memberikan pelatihan khusus pernafasan kepada para jurnalis PWI Kabupaten Bogor

“Senam kebugaran atau tehnik pernafasan Merpati Putih ini sangat bermanfaat untuk kita semua, apalagi ketika dilapangan yang sehari-hari kita bertemu dengan orang banyak, pastinya kita butuh senam seperti ini agar kita semua dalam keadaan sehat selalu agar terhindar dari penularan penyakit ganas yaitu Covid-19,” kata Subagio.

Lebih lanjut, Subagio mengatakan, pihaknya berharap agar senam kebugaran bersama Perguruan Merpatih Putih ini akan terus berlanjut. Jika perlu, latihan senam kebugaran dan tehnik pernafasan ini untuk dilalukan secara rutin seminggu sekali dan bisa diikuti oleh seluruh anggota PWI Kabupaten Bogor.

Hal senada juga dikatakan Anggota Dewan Penaehat (Wanhat) PWI Kabupaten Bogor, Piyarso Hadi. Menurutnya, olahraga ringan seerti senam kebugaran Merpati Putih ini pada level tertentu tidak hanya dapat menjaga kebugaran tapi juga bisa meningkatkan imunitas tubuh seseorang dan mencegah terinfeksi Covid-19

“Olahraga ringan selain untuk mencegah Covid-1919 juga bermanfaat untuk kesehatan, mencegah kolesterol, asam urat, jantung koroner, diabetes melitus karena akan memacu jantung bekerja lebih cepat dan memperlancar peredaran darah,” tuturnya.

Pemimpin Umum inilahonline.com yang juga Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Bogor Raya itu menambahkan, bahwa dengan rajin berolahraga maka darah yang membawa oksigen, nutrisi dan beberapa mineral kebutuhan tubuh akan terdistribusi dengan baik keseluruhan tubuh, sehingga dapat mendorong percepatan regenerasi sel juga.

Selain itu, dengan sering berolah raga untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, maka juga akan membuat jiwa sehat. “ Seperti pepatah populer ‘Mensana in Corporesano’. Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat yang sudah dikenal oleh banyak orang sejak lama dan terbukti benar karena orang yang rutin berolahraga akan memiliki tubuh yang sehat/bugar dan kesehatan yang terjaga,” imbuhnya. (Basir)

Komentar