oleh

PWI Kabupaten Bogor Gelar Rapat Persiapan Pengukuhan Anggota Muda

INILAHONLINE.COM, CIBINONG

Persatuan Wartawan Indonesia(PWI) Kabupaten Bogor menggelar rapat pengurus bersama panitia persiapan pengukuhan bagi para peserta Kerja Latihan wartawan (KLW) yang dinyatakn lulus untuk menjadi anggota muda PWI Kabupaten Bogor, di Kantor Sekretariat PWI, Komplek Pemkab Bogor, Cibinong, Jumat (11/10).

Rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua PWI Kabupaten Bogor, Subagio bersama Sekretaris M. Nurrofik dan anggota Dewan Penasehat (Wanhat) PWI Kabupaten Bogor Piyarso Hadi itu, dengan agenda utama penyampaian informasi mengenai hasil Orientasi Organisasi peserta KLW yang dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2019 lalu. Selain itu, rapat juga membahas persiapan pengukuhan para calon anggota muda yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan November 2019 nanti

“Saya bangga dengan para calon anggota muda PWI Kabupaten Bogor ini, karena pengurus PWI Jabar sendiri mengapresiasi dengan rencana pengukuhan calon anggota muda, sebab jumlah anggota muda PWI Kabupaten Bogor sangat banyak dibanding dengan PWI daerah lain”, ujar Subagio dihadapan para calon anggota muda PWI tersebut.

Lebih lanjut Subagio mengatakan, pihaknya berharap agar para calon anggota muda PWI dalam melaksanakan tugas jurnalistik jangan pernah menyimpang dari kode etik jurnalis yang sudah di atur dalam UU No.40/1999 tentang Pers. Selain itu, para calon anggota muda PWI diharapkan menjadi jurnalis yang profesional, berwawasan dan beretika.

“Dalam acara kegiatan pengukuhan nanti, para calon anggota muda PWI untuk menandatangani pakta integritas sebagai anggota PWI. Untuk itu, kami meminta kepada seluruh calon anggota muda PWI agar bisa bekerjasama dengan panitia pengukuhan, sehingga acara pengukuhan kita nanti bisa berjalan lancar dan sukses baik”, kata Subagio yang juga Kepala Biro Harian International Media wilayah Bogor.

Sekretaris PWI Kabupaten Bogor M. Nurrofik dalam paparnya mengemukakan, bahwa panitia penyelnggara KLW beserta pengurus PWI sudah berusaha semaksimal mungkin untuk membantu peserta KLW yang legalitas badan hukumya dinilai kurang lengkap atau belum memenuhi persyaratan. Jikapun ada peserta yang belum lulus atau belum berhasil, maka bisa mengikuti KLW dikesempatan lain yang akan digelar kembali oleh PWI Kabupaten Bogor nanti.

“Kita sudah datang langsung ke PWI Jabar di Bandung dan mendapat penjelasan terkait peserta KLW yang dinyatakan lulus dan tidak lulus. Seabgian besar, peserta yang dinyatakan tidak lulus dikarenakan terkait badan hukum media yang belum lengkap,” ungkapnya.

Sementara itu, anggota Wanhat PWI Kabupaten Bogor, Piyarso Hadi yang turut hadir dalam rapat persiapan pengukuhan tersebut menjelaskan, bahwa KLW merupakan syarat wajib bagi para wartawan yang ingin bergabung menjadi anggota muda PWI. Karena KLW merupakan semacam pendidikan dan latihan dasar jurnalistik untuk menjadi anggota PWI. Namun demikian, para anggota muda PWI diharapkan juga mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar oleh PWI dan Dewan Pers sebagai salah satu syarat untuk menjadi Anggota Biasa PWI.

“Selain itu, saya juga berharap kepada para calon anggota muda agar bergabung dengan media yang legalitas atau badan hukumnya lengkap yakni, perusahaan penerbitan khusus pers berserta persyaratan administrasi yang disyaratkan,” jelas Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Bogor yang juga Pemimpin Umum inilahonline.com tersebut.

(K. Budi Lukito)

Komentar