Renovasi Lapangan Stadion Pajajaran Sudah 70 Persen

24/05/2018 22:32:34 Kategori:

INILAHONLINE.COM, BOGOR - Kurang dari 3 bulan pelaksanaan pesta olahraga Asian Games Tahun 2018 akan dimulai, proses renovasi Stadion Pajajaran pun dipastikan hampir rampung atau sudah sekitar 70 persen.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor Eko Prabowo saat ditemui di Kantornya, jalan Pemuda, Kota Bogor, Kamis (24/5/2018).

“Saat ini untuk progres renovasi lapangan kurang lebih sudah mencapai 70 persen. Khusus perkembangan rumput stadion sudah sesuai rencana. Bahkan sudah dua kali pemotongan cuma belum diberi corak atau garis lapangan saja, kondisi lapangan sendiri lebih tinggi 15 cm dari jogging trek,” kata Eko.

Ditinggikannya lapangan dimaksudkan agar lapangan tidak tergenang air seperti sebelumnya, jadi kondisi lapangan tetap nyaman saat digunakan untuk latihan.

Untuk perawatan berupa penyiraman digunakan air tanah yang disedot dan ditampung dalam tangki-tangki penyimpanan yang nantinya digunakan untuk penyiraman sebanyak 3 kali dalam satu hari, disamping pengecekan rutin agar tidak ada rumput liar yang tumbuh.

Kondisi alam Kota Bogor dan letak geografis menurut Eko menjadi keuntungan tersendiri yang mendukung pertumbuhan rumput lapangan dengan baik.

Saat ini yang belum kata Eko adalah pemasangan tiang gawang dan garis lapangan bola. Untuk lampu sedang dikerjakan dengan adanya rencana penambahan daya dari PLN, kamar mandi dibongkar semua dan direnovasi demikian pula dengan tribun diperbaiki.

Stadion Pajajaran yang dibangun tahun 1992, dengan usia yang sudah 26 tahun ini direnovasi untuk mendukung penyelenggaraan Asian games 2018. Terkait kendala, Eko menegaskan tidak ada dan setiap perkembangan proses renovasi selalu dilaporkan.

Untuk penggunaan mendukung event Asian Games 2018 ini diperkirakan Agustus 2018 dan dapat dipergunakan untuk umum sekitar November 2018 atau setelah PORDA Jabar 2018.

Kedepan pengelolaan Stadion Pajajaran sepenuhnya ditangani Dispora Kota Bogor demikian pula untuk izin penggunaan akan diatur lebih lanjut.

Eko menegaskan, jika sudah bagus GOR Pajajaran dikhususkan untuk kegiatan olahraga, khususnya pertandingan sepak bola, tidak ada kegiatan lain.

Menurutnya perkembangan venue yang cukup baik secara otomatis harus dipenuhi unsur-unsur manajemen dalam urusan kedinasan khususnya mengenai penganggaran. Kalau prasarananya bagus akan memberi dampak positif. Seperti kegiatan positif anak muda Kota Bogor, kawasan GOR jadi lebih nyaman untuk kegiatan olahraga. (ian Lukito)