oleh

Ridwan Kamil Kenang Syekh Ali Jaber, Beliau Sosok Guru yang Lembut Hati dalam Berdakwah

INILAHONLINE.COM, BANDUNG

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengucapkan belasungkawa atas kepergian Ali Saleh Mohammed Ali Jaber atau yang dikenal dengan Syekh Ali Jaber.

Kang Emil mendapatkan kabar duka saat meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di RSUP Dr. Hasan Sadikin, Kota Bandung, Kamis (14/1/2021).

“Saya menyampaikan duka yang mendalam, saya mendengar kabar Syekh Ali Jaber meninggal dunia. Mudah-mudahan semua yang ditinggalkan diberi ketabahan dan saya doakan semoga husnul khatimah,” ucap Kang Emil.

Bagi Kang Emil, Syekh Ali Jaber adalah guru semua umat muslim di Indonesia. Syekh Ali Jaber memiliki sifat yang lembut hati dan dakwahnya sangat menginspirasi.

Kang Emil pun sempat beberapa kali bertemu almarhum membahas bagaimana cara menghadapi orang-orang dzalim.

“Beliau guru kita semua yang sangat luar biasa lembut hati, dakwahnya. Saya pribadi berkali-kali bertemu, terakhir secara virtual membahas bagaimana akhlak dalam menghadapi orang-orang dzalim,” ucapnya.

Pelajaran yang diambil Kang Emil dari sosok Syekh Ali Jaber yaitu akhlak merupakan hal terpenting yang harus didahulukan sebelum ilmu. Setinggi apapaun jabatan ataupun ilmu yang dimiliki, tanpa akhlak maka tidak akan berarti apa-apa.

“Itu pelajaran yang saya ambil dari beliau, siapapun kita kalau tidak punya akhlak tidak akan menjadi nilai apa-apa,” tuturnya.

Profil Syekh Ali Jaber

Syekh Ali Jaber memiliki nama asli Ali Saleh Mohammed Ali Jaber. Ia juga dikenal sebagai pendakwah dan ulama berkewarganegaraan Indonesia.
Selain pendakwah, Syekh Asli Jaber juga dikenal saat ia menjadi juri Hafiz Indonesia dan menjadi dai dalam berbagai kajian di berbagai stasiun televisi nasional.

Syekh Ali Jaber Lahir di Madinah, 3 Februari 1976. Ia telah menekuni membaca Al-Quran sejak masih kecil, dikutip dari berbagai sumber.
Keluarga dari Syekh Ali Jaber dikenal sebagai kelurga yang religius. Di Madinah, ia memiliki Masjid besar yang digunakan untuk syiar Islam. Pada usia 11 tahun, Syekh Ali Jaber sudah hafal 30 juz Al-Quran.

Syekh Ali Jaber adalah anak pertama dari dua bersaudara. Dirinya dituntut untuk meneruskan perjuangan ayahnya dalam syiar Islam.

Komentar