oleh

Ridwan Kamil Luncurkan Tryout CASN Juara Sarana Pembelajaran untuk Seleksi Calon ASN

INILAHONLINE.COM, KOTA BEKASI — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meluncurkan Aplikasi Tryout CASN Juara di Hotel Santika Mega City, Kota Bekasi, Sabtu (10/9/2022).

Pada pelaksanaan perdana ini tercatat sebanyak 10.000 orang mengikuti tryout, yang terbagi hadir secara langsung 360 orang, dan yang ikut serta dalam jaringan sebanyak 9.640 orang.

Peserta merupakan pegawai non Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemda Provinsi Jabar dan masyarakat umum.

Kang Emil menuturkan, Aplikasi Tryout CASN Juara merupakan sarana pembelajaran bagi masyarakat yang tertarik mengikuti seleksi calon ASN. Tujuannya adalah menyiapkan calon ASN berkualitas untuk mengikuti seleksi resmi baik di Pemda Provinsi Jabar, maupun instansi pemerintah lainnya.

“Kami menyiapkan calon ASN yang berkualitas karena dilatih dari awal, sehingga nanti bagi yang sering berlatih bersama kami pasti hasilnya akan memanen kualitas SDM yang baik, khususnya untuk kebutuhan Pemda Provinsi Jabar,” kata Kang Emil.

Aplikasi Tryout CASN Juara ini berbasis platform website yang mencakup materi pembelajaran, latihan dan evaluasi mengasah kemampuan menghadapi pelaksanaan tes Calon ASN baik PNS, maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Aplikasi tersebut dapat diakses di manapun dan kapanpun secara gratis.

Menurut Kang Emil, dengan mengikuti tryout CASN Juara akan meningkatkan kepercayaan diri masyarakat saat mengikuti seleksi resmi pada formasi tahun 2022, maupun tahun-tahun berikutnya.

Pasalnya, dalam aplikasi ini peminat dapat menguji kemampuan diri, hingga menjadi lebih baik dengan memilih fitur yang telah disediakan.

“Jadi minatnya disalurkan. Nanti ada skoring yang sangat edukatif, kurangnya di mana itu ada grafik perkembangannya di fitur aplikasi. Ikuti berkali-kali nanti menjadi percaya diri pada saat formasi 2022 atau selanjutnya, tentu (peserta) lebih siap,” jelas Kang Emil.

Soal-soal pada aplikasi Tryout CASN Juara disusun oleh akademisi dari berbagai perguruan tinggi dan tim ahli dari berbagai disiplin ilmu.

Adapun komponen soal terdiri dari latihan tes CPNS di antaranya Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Selain itu, latihan tes PPPK mencakup soal manajerial, sosio kultural dan kompetensi teknis.

Pilihan jabatan yang disediakan antara lain jabatan fungsional sesuai dengan formasi yang akan dibuka di lingkungan Pemda Provinsi Jabar, meliputi guru, dokter, perawat, manggala informatika, statistisi, pranata humas, petugas penggali organisme tumbuhan, penyuluh pertanian, analis kebijakan, pengembang teknologi pembelajaran, dan jabatan fungsional lainnya.

Pendaftaran Tryout CASN Juara sudah dibuka sejak 25 Agustus 2022 lalu secara online. Oleh karena tingginya antusiasme masyarakat mengikuti tryout ini, Badan Kepegawaian Daerah Jabar selaku pelaksana teknisnya akan kembali menggelar tryout tahap dua. Kang Emil bahkan memastikan, tryout akan dilaksanakan secara rutin.

“Baru kita launching saja peminatnya sudah banyak, ada yang dari Sumatera, Jawa, Kalimantan dan lainnya. Yang belum kebagian masih ngantri. Tapi tenang ini baru yang pertama karena nanti kita akan adakan lagi berkali-kali, jadwalnya akan rutin,” ungkap Kang Emil.

Ia mengajak masyarakat yang ingin menjadi bagian dari penyelenggara pemerintah untuk segera mendaftar di Aplikasi Tryout CASN Juara.

“Bagi yang ingin jadi ASN, ayo ikutan di Tryout CASN Juara biar pintar,” ajak Kang Emil.(Humas Jabar/Frida)

banner 521x10

Komentar