Rumah Baca Bhayangkara Pulo Geulis Diresmikan Kapolda Jawa Barat

09/06/2018 7:45:22 Kategori: ,

INILAHONLINE.COM, BOGOR - Rumah Baca Bhayangkara yang ke-2 tepatnya di RW 04, Pulo Geulis, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor diresmikan, Jumat (8/6/2018) siang.

Peresmian langsung dilakukan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto sekaligus dirangkaikan dengan Penyerahan Tali Asih sebagai bentuk Gerakan Polisi Orangtua Asuh Masyarakat (Gerpoltamas).

Irjen Pol Agung mengatakan, Gerpoltamas ini merupakan program Polresta Bogor Kota yang sangat positif. Mengingat disela kesibukan Kapolresta Bogor Kota dan jajarannya tetap mampu meluangkan waktu untuk masyarakat. Sekaligus membangun taman bacaan yang bertujuan meningkatkan minat baca masyarakat anak-anak di wilayah ini.

“Rumah Baca Bhayangkara ini bisa jadi tempat berkumpul dan bersilaturahmi. Tersedia juga fasilitas wi-fi agar anak-anak dapat mengerjakan PR melalui internet. Mudah-mudahan taman baca ini bisa ada di setiap kelurahan,” ujarnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengatakan, rumah baca Bhayangkara ini sangat sesuai dengan salah satu misi Kota Bogor yakni membuat kota cerdas (Smart City). Ketika kotanya cerdas maka masyarakatnya juga harus cerdas. Salah satu caranya dengan rajin membaca buku.

“Prinsipnya kami suka dengan program ini, kalau perlu diperbanyak di setiap kelurahan dan disinergikan dengan program di Dinas Pendidikan supaya mampu membantu tingkat kecerdasan anak,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor Fahrudin mengatakan, rumah baca Bhayangkara yang ada di Pulo Geulis merupakan rumah baca yang kedua dari Polresta Bogor Kota. Rumah baca pertama ada di Cilendek Timur yang sudah diresmikan Februari lalu. Rumah baca ini menjadi sarana mendukung gerakan literasi yang tentunya sangat bermanfaat bagi anak-anak.

“Disini jadi tempat membaca, mengerjakan tugas dan berkumpul. Ada juga pengelolanya sehingga lama-lama masyarakat akan peduli untuk mengembangkan rumah baca ini,” katanya. (Agha Dwi Rizkianto)