oleh

Rumah Zakat Beri Penghargaan Ridwan Kamil sebagai Tokoh Pemberdayaan Ekonomi Inklusif

INILAHONLINE.COM, BANDUNG

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mendapat penghargaan sebagai “Tokoh Pemberdayaan Ekonomi Inklusif Melalui Teknologi Digital Tahun 2020” dari Rumah Zakat dalam acara Public Expose Rumah Zakat 2021.

Di era digital, Kang Emil mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar juga fokus memperhatikan ekonomi inklusif atau pemberdayaan 5.312 di Jabar melalui program Desa Digital.

“Jadi jangan kaget kalau di Jabar kasih makan lele pakai handphone, cari ikan di laut dengan teknologi Fish Finder. Semua inovasi itu kita lakukan sebagai bagian kemajuan zaman,” ucap Kang Emil secara virtual melalui konferensi video dari Gedung Pakuan, Kamis (25/2/2021).

Selain itu, Pemda Provinsi Jabar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa juga memiliki program One Village One Company (OVOC) alias satu perusahaan di masing-masing desa yang dikelola oleh anak-anak muda andal.

“Kita memberdayakan tanah-tanah desa dengan program satu desa satu perusahaan, kita punya mimpi 5.312 desa punya 5.312 perusahaan,” ujar Kang Emil.

Sementara untuk pemberdayaan desa melalui ekonomi keumatan, pihaknya juga telah meluncurkan program One Pesantren One Product (OPOP). OPOP mendorong pesantren di Jabar untuk memiliki produk unggulan sehingga mandiri secara ekonomi.

Komentar