Safari Jurnalistik PWI Kabupaten Bogor Sasar Kecamatan Nanggung

Berita, Megapolitan313 Dilihat

INILAHONLINE.COM, NANGGUNG — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor, menggelar safari jurnalistik di Aula PWAT PT. Antam Kalong Liud Kecamatan Nanggung, Rabu (01/03/2023).

Safari Jurnalistik PWI Kabupaten Bogor, membahas tentang pemahaman Undang – undang Pers Nomor 40 tahun 1999. Kode Etik Jurnalistik dan Keterbukaan Informasi Publik.

Dalam sambutannya, Camat Nanggung Ae Saefulloh mengapresiasi kegiatan Safari Jurnalistik, yang dilakukan oleh PWI Kabupaten Bogor.

“Diapresiasi salah satu dari 40 Kecamatan yang saat ini menjalankan Safari Jurnalistik, tentang pemahaman jurnalistik, karena emang masih banyak pemahaman yang tidak tepat. Dengan acara safari jurnalistik ini, diharapkan dapat sesuai dengan apa yang terjadi sesungguhnya,”ujarnya.

Ae Saefulloh memandang perlu pemahaman para Stakeholder, tentang adanya peran dan fungsi Jurnalistik sehingga dibutuhkan sinergisitas yang berkesinambungan.

“Peran dan fungsi Jurnalistik bagi Pemerintah itu sangat dibutuhkan sebagai penyeimbang dalam melakukan tugas dan fungsinya,”katanya.

Dalam kesempatan itu, Ae Saefulloh juga menyampaikan permohonan maafnya, karena ada 6 Kepala Desa (Kades) yang belum bisa hadir di acara Safari Jurnalistik.

“Enam Kades sedang mengikuti bimbingan teknik (Bimtek) tentang relokasi Hunian Tetap (Huntap) dampak dari bencana tahun 2020,”sambungnya

Senada dengan Camat Nanggung, Manager Tanggung Jawab Sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Antam Tbk Arif Rahman Hakim mengatakan sebagai Apresiasi nyata pihaknya terus mensuport kegiatan Safari Jurnalistik PWI Kabupaten Bogor.

“Kami sangat menyadari pentingnya acara pada hari ini dengan mensupportnya, semoga ini dapat berkelanjutan dan kami siap bersinergi. Karena keberadaan kami di Kecamatan Nanggung ini, untuk dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Ini harus mendapatkan Shareing Knowledge tentang fungsi yang bermanfaat, jika ada kunjungan ke Antam informasi kan saja, ini adalah jembatan untuk bersinergi. Semoga kesempatan ini menjadi yang terbaik bagi kita semua,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Apdesi Kecamatan Nanggung Jani Nurjaman mengatakan, Jurnalis adalah mitra strategis Pemerintah.

“Media bagian dari pada mitra yang merujuk pada Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa terkait dengan publikasi, saat ini desa menyampaikan publikasinya lebih kepada memasang grapik di baliho dan sosialisasi langsung,” katanya.

Menurut Jani Nurjaman, hadirnya Jurnalis harus selaras sebagai kontrol sosial yang memiliki image positif dan bersinergi dengan Pemerintah.

“Menyelaraskan pandangan tentang media yang harus berimage yang positif, karena hadir jurnalis sebagai kontrol sosial yang berimbang. Dengan bersinergi dalam hal ini pengguna anggaran Pemerintah,”ungkapnya Jani Nurjaman.

Safari Jurnalistik PWI Kabupaten Bogor dilanjutkan dengan penyampaian materi dan masuk sesi tanya jawab bersama dengan audiens dan narasumber.

Pemateri Ketua PWI Kabupaten Bogor Subagiyo bersama dengan Sekretaris M. Nuropik, dan Dedy Blue.( Basir)

banner 521x10

Komentar