oleh

Sanggar Getar Pakuan Dipercaya Tampil di Taman Budaya Bandung

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Kota Bogor kembali dipercaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat untuk menampilkan karya seninya di Taman Budaya Bandung pada tanggal 17 Juli 2019. Pada acara nanti Kota Bogor diwakili sanggar Getar Pakuan dengan menampilkan seni tari Santika Yuda.

Selain tampil di Taman Budaya Bandung, sanggar Getar Pakuan juga akan dibawa ke Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) tingkat nasional pada bulan Oktober 2019. Pada PKN nanti selain akan menampilkan tari ciri khas Kota Bogor juga ada pawai budaya seperti halnya Helaran.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, Shahlan Rasyidi mengungkapkan, Kota Bogor sudah beberapa kali diberi kepercayaan oleh Provinsi Jawa Barat.

“Terakhir kemarin sanggar Edas mewakili Provinsi Jawa Barat masuk nominasi penyaji terbaik. Ini satu prestasi yang luar biasa. Atas kepercayaan ini Kota Bogor berterimakasih dan mengapresiasi Provinsi Jawa Barat,” kata Shahlan disela kegiatannya menyaksikan latihan sanggar Getar Pakuan di Gedung Kemuning Gading, Selasa (16/07/2019).

Shahlan menyebutkan, kepercayaan yang diberikan ke Kota Bogor bukan berarti di Jawa Barat tidak ada yang bagus. Tetapi lebih melihat kepada perkembangan di Kota Bogor yang mempunyai kreativitas dan inovasi yang tinggi.

Ia menyebutkan, yang terlibat dalam tari Santika Yuda kurang lebih ada 50 orang. Jumlah sebanyak ini selain menampilkan tarian tradisi juga tari modern.

“Santika Yuda ini menggambarkan ciri khas Pakuan Pajajaran. Jadi tari tradisional dikolaborasikan dengan tari modern, hal ini sebagai bentuk untuk memberikan apresiasi kepada tari modern,” katanya.

(ian Lukito)

Komentar