oleh

Sat Reskrim Polres Tanjung Balai Amankan 39 orang TKI dari Malaysia

INILAHONLINE.COM, TANJUNG BALAI

Sat Reskrim Polres Tanjung Balai amankan Kapal Motor Tanpa Nama yang membawa penumpang TKI dari Malaysia 39 orang, Jumat (13/3/2020)

Kapolres Tanjung Balai AKBP Putu Yudha Prawira. SIK. SH. MH mengatakan, 39 orang TKI yang diduga merupakan TKI Ilegal saat ini dalam pemeriksaan dan pendataan serta diperiksa kesehatannya. Dari 39 orang TKI diantaranya, 26 orang laki-laki dewasa, 10 orang perempuan dewasa, dan 2 orang anak laki-laki serta 1 orang anak perempuan.

Adapun Tekong dan ABK kapal motor yang tanpa nama tersebut, polisi mengamankan 4 orang diantaranya, Zuhri Masmarata (38) warga Aek Loba Pakan Asahan sebagai Tekong Kapal, Sulaiman Marpaung (44) warga Teluk Nibung, Tanjung Balai sebagai Kwanca Kapal, Firmansyah Hasibuan (43) sebagai ABK warga Teluk Nibung, Tanjung Balai dan ABK Rudianto (34) warga Seidadap Kabupaten Asahan.

 

Putu menjelaskan kronologis penangkapan 39 orang yang diduga TKI ilegal itu, berawal dari informasi masyarakat bahwa ada Kapal Motor Tanpa Nama membawa penumpang TKI dari Malaysia. Kemudian Informasi tersebut ditindak lanjuti Unit Opsnal dengan melakukan penyelidikan, “saat di perairan tanjung balai asahan, unit opsnal menemukan kapal motor tanpa nama dengan membawa penumpang. Selanjutnya kapal diamankan di bawa ke dermaga Sat Pol Airud Polres Tanjung Balai berikut 39 orang turut diamankan di Kantor Sat Reskrim,” jelas Putu.

Setelah dilakukan pendataan dan pemeriksaan serta pengecekan kesehatan oleh Dinas Karantina Kesehatan Pelabuhan Teluk Nimbung, dan dinyatakan dalam keadaan sehat jasmani dan tidak ditemukan barang-barang terlarang.

“Seluruh penumpang, Tekong, Kwanca, dan ABK masih diamankan di Kantor Sat Reskrim. Setelah selesai pemeriksaan akan dilimpahkan ke Kantor Imigrasi Kelas II Tanjung Balai,” pungkas Putu.

(Rahmat Hidayat)

Komentar