oleh

Satgas Covid-19 Kota Bogor Berlakukan Gerakan ‘Tutup Portal’ di Permukiman Warga Mulai Jam 8 Malam

INILAHONLINE.COM, KOTA BOGOR — Satgas Covid-19 Kota Bogor mulai memberlakukan gerakan ‘Tutup Portal’ di tingkat RT/RW. Gerakan ini sebagai salah satu upaya dalam mempersempit ruang gerak masyarakat di tingkat mikro, dengan menggembok portal jalan di setiap lingkungan mulai jam 20.00 WIB. Upaya itu dilakukan dalam rangka menekan penyebaran Covid-19.

“Mulai hari ini Satgas Covid-19 Kota Bogor akan terus melaksanakan terkait gerakan tutup portal,” kata Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, kepada wartawan, Selasa (13/7/2021).

Menurut Susatyo, sejauh ini selama penerapan PPKM Darurat untuk ditingkat- tingkat RW pada waktu tertentu, dari pagi hingga siang masih terpantau tinggi. Tentu ini membutuhkan dua hal yaitu disiplin dan gotong royong.

“Sekali lagi saya mohon maaf apalagi tidak ada kenyamanan, tidak mudah untuk keluar lalu-lalang akan dibatasin terus selama 24 jam dan terus akan kami lakukan sehingga sangat tergantung pada displin daripada masyarakat sendiri,” ucapnya.

Selain itu, Susatyo menambahkan, untuk sistem satu pintu itu nanti diperkuat oleh Satgas di tingkat RT dan RW.

Pemberlakuan gerakan ‘Tutup Portal’ di tingkat RT/RW (Foto : akun Twitter @PolresBogorKota)

“Kalau antar kota sudah kita batasi, tentunya antar lingkup kecil lagi itu bisa dibatasi antar RT antar RW antar kelurahan tentunya itu bisa menjadi cara kita menekan ditingkat mikro karena angka kita masih tinggi,” imbuhnya.

Susatyo juga menegaskan, semua RW harus melaksanakan sistem satu pintu, nantinya akan dipetakan oleh Satgas RT dan RW guna menentukan keberhasilan penyebaran dan menekan penyebaran ditingkat-tingkat terendah, mereka harus berlakukan satu pintu masuk dan satu pintu keluar.

“Jadi tidak sembarangan orang bisa masuk, Ini sangat tergantung pada ditingkat niat dan usaha dari pada warga ditingkat RT/RW. Artinya menjaga lingkungan siaga sehingga orang juga bisa kita tahan,” pungkasnya.(***/red)

Komentar