oleh

Satgas Pangan Polri Terbitkan Surat Pembatasan Bapokting Cegah Panic Buying

INILAHONLINE.COM, JAKARTA

Satgas Pangan Polri menerbitkan surat untuk pembatasan pembelian bahan kebutuhan pokok dan bahan penting (bapokting). Bahan-bahan yang dibatasi pembeliannya antara lain beras, gula, minyak goreng dan mi instan. Hal ini untuk mencegah terjadinya panic buying terkait Virus Corona atau Covid-19.

Surat Satgas Pangan itu diterbitkan pada Senin, 16 Maret kemarin. Surat dengan nomor B/1872/III/Res.2.1/2020/Bareskrim ini tertulis ‘Perihal ketersediaan bapokting’ dan diteken Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri yang juga menjabat sebagai Ketua Satgas Pangan.

“Iya, tadi malam kami keluarkan (surat) itu agar juga tidak ada (pihak) yang memanfaatkan situasi,” kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim selaku Kasatgas Pangan Polri, Brigjen Daniel Tahi Monang Silitonga, Selasa (17/3/2020).

 

Brigjen Daniel menuturkan dasar penentuan keempat bahan pokok yang dibatasi itu karena dinilai yang paling diburu masyarakat. Dengan adanya pembatasan ini, Daniel mengimbau masyarakat tak panik.

“Ya itu kan teori ekonomi, makin meningkat, makin mahal harganya. Oleh karenanya rakyat makanya tidak usah panik, biasa saja, tidak usah borong-borong. Biasa saja, kan pangan tersedia,” ucapnya.

Brigjej Daniel menjelaskan kepanikan warga justru membuat harga kebutuhan pokok melonjak. Maka warga diminta untuk tidak panik menghadapi situasi saat ini.

“Lihat saja ya ibu-ibu yang belanja sepertinya panik, jadi penawaran pasar naikin. Tapi belum tentu melonjak, naiknya masih beberapa bahan,” jelasnya.

(Badar)

Komentar