oleh

Selama Dua Minggu, Ditlantas Polda Jateng Akan Gelar Operasi Patuh Candi

INILAHONLINE.COM, SEMARANG — Dalam rangka menyambut HUT Lantas Ke 66, Direktorat Lalu Lintas Polda Jateng akan menggelar Operasi Patuh Candi selama dua Minggu. Operasi yang dimulai Senin (20/9/21) dengan sasaran para pengguna jalan yang tidak tertib lalulintas.

” Pelanggar yang tidak tertib tidak akan ditilang, tetapi diberi edukasi saja,” ujarnya di sela sela melakukan kegiatan vaksinasi untuk pengemudi angkutan umum dan ojek Olnine di kota Semarang di taman Raden Saleh, Semarang, Sabtu Pagi, (18/9/21).

Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol M Rudy Syafirudin, S.I.K., S.H., menyampaikan, bahwa kegiatan yang diselenggarakan ini, merupakan rangkaian kegiatan lanjutan sebelumnya, yang telah dilakukakan Ditlantas Polda Jateng.

“Dalam Kegiatan Pertama kemarin, kami melakukan kegiatan Bakti sosial, dengan membagikan sembako untuk warga yang terdampak Covid 19 di Jawa Tengah ini,” Kata Kombes Pol M Rudy Syafirudin, pada awak media di Taman Raden Saleh, Semarang.

Pada kegiatan kedua ini, lanjut Rudy, Ditlantas Polda Jateng menyediakan vaksin sebanyak 28.300 vaksin yang akan dilakukan pada hari ini, di Taman Raden Saleh ini.

“Vaksin ini kami sediakan untuk para pengemudi angkutan umum dan ojek Olnine di kota Semarang. Alhamdulillah antusias dari para pengemudi sangat tinggi untuk mengikuti vaksinasi ini yang di selenggarakan olehnya,” jelasnya.

Menurut Rudy, dalam tahapan kegiatan berikutnya, jajaran Ditlantas Polda Jateng akan melakukan kegiatan operasi patuh candi, yang akan di mulai pada hari Senin tanggal 20 September 2021 hingga 3 okteober 2021. Namun, dalam operasi patuh candi ini, Ditlantas Polda Jateng tidak melakukan tindakkan penilangan hanya memberikan edukasi saja.

“Dalam operasi patuh candi ini nantinya, kami tidak akan melakukan penindakkan penilangan terhadap para pengguna jalan, kami hanya memberikan edukasi kepada mereka dan juga edukasi mengenai bahaya Covid 19,” ungkapnya.

Rudy menambahkan, apabila ada petugas satlantas Polda Jateng yang ada dilapangan dalam operasi Patuh Candi ini, hanya melakukan teguran yang bersifat edukasi dan simpatik terhadap masyarakat pengguna jalan.

“Jadi apa yang kami lakukan, masyarakat juga merasa nyaman dalam berkendaraan, dan kami pun dalam melakukan tugas dengan baik dan tidak ada halangan apapun,” ucapnya.

Dia berharap, tidak ada anggota anggotanya yang bertugas dilapangan melakukan tindakkan tidak terpuji dalam melakukan operasi Patuh Candi ini, dengan menyakiti hati seluruh pengguna kendaraan bermotor di jawa Tengah.

“Ini berlaku di seluruh jawa Tengah, bukan hanya di kota Semarang saja. Bahkan disemua jajaran polres- polres juga melakukan kegiatan yang sama dan operasi patuh ini dilaksanakan selama 14 hari kedepan, yang dimulai pada senin pekan Depan,” pungkasnya.(Suparman)

Komentar