oleh

Selama Perawatan, Museum RA Kartini Tutup Sementara 4 Hari

INILAHONLINE.COM, REMBANG — Museum RA Kartini ditutup selama empat hari, mulai Rabu (29/6/2022) hingga Minggu (3/7/2022).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Rembang Mutaqin mengatakan, museum ditutup sementara dikarenakan adanya perawatan bangunan dan koleksi museum, yang merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya.

“Kegiatan tahunan ini dinamakan fumigasi (metode pengendalian hama menggunakan pestisida). Tujuannya, untuk menetralkan ruangan dari kelembaban dan hama-hama yang dapat mengganggu barang koleksi,” jelasnya, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (29/6/2022).

Mutaqin mengungkapkan, untuk menghindari agar para pengunjung tidak putar balik saat berkunjung, pihaknya telah menyebarluaskan informasi penutupan museum di media sosial.

Perlu diketahui, lanjut Mutaqin, museum yang berlokasi di dekat Rumah Dinas Bupati Rembang tersebut, dulunya merupakan tempat tinggal keluarga Kartini.

Di mana, di dalamnya menyimpan berbagai peninggalan pahlawan emansipasi wanita itu, seperti barang-barang rumah tangga, kursi, meja makan, meja rias. Di satu ruangan, juga dipamerkan kata-kata mutiara dari RA Kartini.(Suparman)

banner 521x10

Komentar