oleh

SELAMAT DATANG DELEGASI AP-CAT DI KOTA HUJAN

Aliansi Kota Asia Pasifik untuk pengendalian tembakau dan pencegahan penyakit tidak menular (APCAT), yang didirikan pada November 2016, adalah jaringan Walikota dan pemimpin subnasional bersatu oleh visi bersama mereka untuk menciptakan lingkungan yang sehat. APCAT dipimpin oleh dua co-chairs, Dr Bima Arya Sugiarto, Walikota Bogor, Indonesia dan Francis Anthony S. Garcia, Walikota Balanga City Philippines. Organisasi APCAT terdiri dari 47 kota dari 12 negara dengan dukungan dari Kementrian Kesehatan, Indonesia; Departemen Kesehatan, Kamboja; Kementerian Kesehatan dan olahraga, Myanmar; Departemen Kesehatan, Lao PDR; Departemen Kesehatan dan populasi, Nepal; Bloomberg Filpai dan Union.

AP-CAT bertujuan untuk membangun program pengendalian penyakit tembakau dan tidak menular (NCD) yang kuat melalui komitmen politik, peluang kemitraan baru, pemanfaatan sumber daya yang berkelanjutan dan efektif, serta kinerja sistem kesehatan publik yang lebih kuat dan efektif.

Kota Bogor menjadi yang pertama memiliki Peraturan Daerah (Perda) tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yang menjadi payung hukum bagi proses pengendalian tembakau di Kota Bogor. Selama ini Kota Bogor pun sering menjadi referensi bagi daerah lain untuk belajar tentang pengendalian tembakau. Kiprah Kota Bogor dalam pengendalian tembakau banyak diapresiasi banyak pihak. Bogor adalah kota yang bisa disebut pertama dalam melakukan pelarangan iklan-iklan rokok di ruang-ruang publik. Meskipun kebijakan ini berpotensi mengurangi Pendapatan Asli Daerah (PAD) , kebijakan ini terhitung sukses dalam menekan pertumbuhan rokok di kalangan pemula serta tidak berpengaruh pada PAD Kota Bogor. Kementrian Kesehatan RI sudah beberapa kali memberikan penghargaan kepada Walikota Bogor atas komitmennya terhadap pengendalian tembakau. Terakhir pada Tahun 2019 ini , WHO juga memberikan penghargaan kepada Walikota Bogor atas kiprah yang sama.

Konfrensi 4th APCAT akan berlangsung di Kota Bogor, Indonesia dari tanggal 25 hingga 26 September 2019. Delegasi dari kota dan negara yang berpartisipasi akan berbagi pengalaman dan pelajaran terkait pencegahan NCDs dan pengendalian tembakau. Konfrensi AP-CAT Tahun 2019 meliput kegiatan sebagai berikut : 1) mereview serta menerapkan best paractise WHO dalam pengendalian NCD dan tembakau 2) menerapkan kebijakan terbaik dalam pengendalian tembakau; dan 3) mengukur dan mengevaluasi kemajuan, sehingga dapat memantau hasil dari implementasi dari intervensi.

Konfrensi akan dihadiri sekitar 200 delegasi dari 12 negara di kawasan Asia Pasifik. Delegasi ini terdiri dari Walikota, Gubernur, anggota parlemen, pejabat pemerintah nasional/subnasional, perwakilan dari masyarakat sipil, akademisi dan media. Konfrensi akan memiliki sesi interaktif, menyediakan platform untuk pertukaran pengetahuan, berbagi praktik terbaik dan tindakan untuk memerangi tembakau dan epidemi NCD. Hal ini sangat diyakini bahwa APCAT Summit akan bertindak untuk membuat dan menerapkan kebijakan pengendalian tembakau komprehensif dengan penggunaan sumber daya yang efektif di tingkat nasional dan subnasional; CIPTAKAN inovasi dan solusi lokal untuk mencegah penyakit. Adapun Negara-negara anggota AP-CAT dan akan hadir di Kota Bogor pada tanggal 25-26 September 2019 adalah sebagai berikut : Cambodia, Bangladesh, India, Indonesia, Lao Pdr, Malaysia, Myanmar, Nepal, Philipina, Singapura, Timor Leste, Vietnam.

Dari sekitar 200 delegasi, sebanyak 10 orang mayor luar negeri (Cox’s Bazar City, Dhamrai Municipality, Rangpur City, Savar Municipality, Manikganj City, Bharatpur City, Balanga City , Hermosa, Bataan , Ligao City , Dili City, ) dan 27 Walikota/Bupati dari Indonesia (KLungkung, Denpasar, Kota Bogor, Depok, Kab.Kebumen, Gunung Kidul, Sinjai, Sragen, Kulon Progo, Tangerang Selatan, Majalengka, Kota Bandung, Jayapura, Pandang Panjang, Nagan Raya, Bukit Tinggi dan Makasar) serta Gubernur Kalimantan Barat.

Adapun Rangkaian kegiatan dalam persiapan dan pelaksanaan AP-CAT Kota Bogor Tahun 2019 adalah sebagai berikut

Tanggal 12-19 September 2019 : Lomba Video Kreatif/ V-Log
Tanggal 22 September 2019 : Smoke Free Generation dan Smoke Free Fun Run
Tanggal 25-26 September 2019 : Pelaksanaan Konfrensi dan Pameran
Tanggal 25 September 2019 : Gala Dinner
Tanggal 26 September 2019 : City Tour
Tanggal 26 September 2019 : Tipiring KTR

Acara Pembukaan akan dilaksanakan pada hari Rabu, 25 September 2019, dengan dihadiri oleh seluruh delegasi, perwakilan dari beberapa Kementrian, DPR Pusat dan DPRD Kota Bogor, OPD dan BUMD Kota Bogor, Rektor Universitas, Organisasi Profesi serta Perwakilan Komunitas Kota Bogor. Rencana pembukaan akan dibuka secara resmi oleh Ketua MPR RI Bpk. Zulkifli Hasan dan ditutup secara resmi pada tanggal 26 September 2019.

Pemerintah Kota Bogor dalam pelaksanaan 4th AP-CAT Summit akan memberikan nuansa dan warna yang berbeda dari pelaksanaan AP-CAT sebelumnya. Mengangkat tema serving, inspiring dan entertaint memadukan acara konfrensi dengan acara budaya yang lebih memberikan warna dan suasana yang berbeda kepada seluruh delegasi. Menampilan video-video kreatif terkait Kota Bogor dan pengendalian tembakau, memberikan tampilan budaya tradisional Kota Bogor serta kesempatan performance dari anak muda diharapkan memberikan kesan yang mendalam bagi seluruh delegasi.

Untuk mensukseskan penyelenggaraan 4th AP-CAT Summit tentu saja memerlukan dukungan banyak pihak tidak hanya Pemerintah Kota Bogor tetapi seluruh masyarakat Kota Bogor , sehingga mampu memberikan kesan yang positif bagi seluruh delegasi sekaligus sebagai ajang promosi bagi kota Bogor di ajang nasional maupun internasional.

Bogor Kota Sehat….
Bogor berlari….

(Advertorial)

Komentar