oleh

Sistem Pembayaran E-Samsat Raih Peringkat ke-2 Se Jawa Barat

INILAHONLINE.COM, SUBANG

Sistem pembayaran pajak dengan menggunakan aplikasi E-Samsat di kabupaten Subang tahun ini berhasil meraih peringkat ke-2 tingkat prov.Jawa Barat.

Kondisi itu lantaran dimungkinkan banyaknya masyarakat Subang yang bekerja diluar kota membayar pajaknya menggunakan aplikasi e-Samsat.

Hal itu dikemukakan Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Jawa Barat Wilayah Subang Ade Sukalsah kepada awak media di kantornya belum lama ini.

“ Iya kita menduduki peringkat ke-2 se-Jawa Barat, hal ini dimungkinkan karena banyak masyarakat Subang di luar kota yang membayar pajak kendaraannya dengan menggunkan aplikasi e-Samsat,”ujarnya.

Sukalsah menjelaskan dalam menyambut libur Hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019 M, Samsat Subang tidak memberlakukan denda pajak kendaraan bermotor terhadap pemiliknya.

Bagi kedaraan, lanjut Sukalsah yang masa berlakunya habis pada anggal 1 Juni hingga 9 Juni 2019 ketika mulai masuk kerja pada tanggal 10 Juni 2019, pemilik kendaraan harus segera membayar pajak kendaraannya. Jika melewati tanggal 10 Juni 2019 akan dikenakan denda pajak.

“ Ya bagi pemilik kendaraan yang habis masa berlaku pajaknya pada tanggal 1 – 9 Juni 2019 tidak dikenakan denda pajak. Pasalnya hari tersebut merupakan hari libur cuti bersama lebaran, tapi ketika sudah masuk kerja pada tanggal 10 Juni 2019, maka pemilik kendaraan harus segera membayarkan pajaknya, jika tidak ingin kena denda,” ujarnya.

Regulasi itu sesuai dengan surat Kepala Bapenda Prov.Jawa Barat Nomor : 973/932/PI, tentang Pengenaan sanksi administratif dan surat Keputusan Tim Pembina Samsat Prov.Jawa Barat Nomor : 006/V/TPS/JABAR, Nomor : B/12/V/YAN 1.1/2019, Nomor : P/09/SP/2019, tentang Pelayanan Kantor Bersama Samsat menjelang Libur Hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019 M dan Cuti bersama tahun 2019 lantaran untuk pelayanan Samsat libur.

“ Pelayanan kantor kami libur mulai tanggal 30 Mei 2019 sampai dengan tanggal 1 Juni 2019,” tuturnya.

Biasanya ketika masuk kerja pasca lebaran, kata Sukalsah ribuan masyarakat Subang akan menumpuk untuk membayar pajak kendaraannya. Pihaknya menghimbau kepada wajib pajak yang akan habis masa berlaku pajaknya bisa membayarkannya melalui e-Samsat. Caranya bisa dilakukan di Indomart, Alfamart, Tokopedia,ATM dan lainnya. Setelah membayar nanti bukti/struknya dibawa langsung ke kantor Samsat Subang untuk diproses administrasinya. Ungkapnya.

(CJ/Abdulah)

Komentar