oleh

SMAN 2 Cibinong Gelar Pensi Bersama RAN dan Yura Yunita

INILAHONLINE.COM, CIBINONG

Ditengah kesibukan para pelajar dalam belajar dan menuntut ilmu sehari-hari, Organisasi Sekolah Intra Sekolah (OSIS) Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Cibinong Bogor akan menggelar Pentas Seni (Pensi) bertajuk “Smavo In Action” dengan materi acara Student Performance dan Guest Star Performance, di Gedung Olah Raga (GOR) Laga Satria, Pakansari Cibinong, hari Sabtu Tanggal 21 Desember 2019 mendatang.

Pensi yang digelar pasca ujian semester ganjil tahun 2019 itu, menampilkan bakat seni para siswa-siswi SMAN 2 Cibinong, diantaranya Band, Dance, Acoustics dan sejumlah seni budaya lainnya serta dimeriahkan bersama penampilan bintang tamu kelompok musik RAN dan Solois Penyanyi sekaligus musisi Yura Yunita.

Ketua Panitia Pensi SMA Negeri 2 Cibinong Tahun 2019, Thoriq Muhammad yang didampingi Seksi Hubungan Masyarakat (Humas) Panitia Pensi, Salsabilla Rizkiana menjelaskan, kegiatan pensi ini dilaksanakan berdasarkan program kerja tahunan OSIS SMAN 2 Cibinong.

“Program OSIS kami yang dimaksud adalah program departemen 3 yang membidangi perstasi akademik, wirausaha dan seni serta departemen 5 yang membidangi seni sastra, bahasa dan budaya,” ujar Thoriq kepada inilahonline.com, Minggu (15/12/2019)

Lebih lanjut Thoriq mengatakan, dalam kegiatan Pensi ini sasaran utamanya adalah diharapkan siswa-siswi SMAN 2 Cibinong yang mencintai serta membanggakan seni dan budaya Indonesia dengan mengambil tema “Unjuk Prestasi Ragam Budaya dan Seni”.

“Motivasi kami selain agar para teman-teman di sekolah kami terus produktif dalam berkarya, juga menjalin tali silaturahmi antar warga sekolah maupun luar sekolah melalui wadah yang posistif dan inovatif, serta meningkatkan apresiasi para siwa terhadap karya seni, karena Pensi ini untuk umum,” jelas Thoriq.

Masih kata Thoriq, pihaknya berharap penuangan kratifitas yang edukatif, komunikatif dan terbuka melalui acara Pensi dengan menyiratkan warisan budaya Indonesia kepada khalayak umum dapat mewadahi, mengasah dan menyalurkan bakat serta potensi siswa di bidang non akademik.

“Dengan kegiatan pensi ini, kami berharap para teman-teman siwa SMAN 2 Cibinong akan lebih produktif dan berani dalam berkarya yang nantinya akan mampu menumbuhkembangkan motivasi berinovasi dalam pelestarian budaya bangsa yang cinta tanah air dan dapat dimanfaatkan dalam kehidupan bermasyarakat,” imbuh Thoriq.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Sudaryana kepada inilahonline.com mengatakan, Kegiatan Pensi merupakan agenda kerja tahunan OSIS pasca ujian penilaian akhir semestar (PAS), sehingga dengan adanya Pensi ini diharapkan para siswa dapat melaksanakan tertib, lancar adan aman.

“Kegiatan Pensi ini adalah kegiatan intern sekolah dari siswa untuk siswa, namun tidak menutup kemungkinan Pensi ini bisa ditonton pelajar dari luar SMAN Cibinong atau bahkan masyarakat umum yang ingin menyaksikannya,” terang Sudaryana.

Menurutnya, Pensi yang berakitan dengan seni dan kebudayaan merupakan ajang kretaifitas para siwa dalam melestarikan nilai seni budaya karena kebudayaan merupakan puncak tertinggi dari nilai-nilai dan norma yang lahir melalui kepribadian yang unik serta halus.

“Perkembangan era globalisasi telah berdampak kepada terkikisnya rasa kecintaan terhadap kebudayaan bangsa Indonesia serta masuknya nilai-nilai dari bangsa lain yang belum tentu sesuai dengan kepribadian bangsa, termasuk dilingkungan SMAN 2 Cibinong,” tandasnya.

Sudaryana juga menambahkan, salah satu cara untuk melestarikan kebudayaan Indonesia dengan seni yakni melalui ungkapan perasaan sesorang yang dituangkan kedalam kreasi dalam bentuk gerak, rupa, nada maupun syair yang mengandung unsur-unsur keindahan.

“Unsur-unsur keindahan itu dapat dituangkan melalui keratifitas seni, salah satu cara pengembangannya adalah melalui pentas seni yang berupa pertunjukan berbagai macam kreatifitas seni yang dilakukan oleh siswa,” pungkasnya.

(Piya Hadi)

Komentar