oleh

SMKN I Tonjong Brebes Ikuti Outbound Militer Dididik Sikap Disiplin, Keberanian, serta Mental Kuat

INILAHONLINE.COM, BREBES — Setidaknya 600 pelajar SMKN 1 Tonjong mengikuti outbond militer yang merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) dan LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa).

Disampaikan Bati Tuud Koramil 09 Tonjong Kodim 0713 Brebes, Peltu Edi Burhanudin, adapun materi yang diberikan yaitu wawasan kebangsaan, tata cara apel, senam peregangan dan pemanasan, dan 4 macam outbound yang meliputi PBB, penyampaian berita, meniti/merayap tali satu, dan rayapan/merayap.

“Untuk wawasan kebangsaan untuk menumbuhkan serta meningkatkan kesadaran bela negara serta rasa cinta tanah air kepada para generasi muda penerus bangsa ini,” ujarnya, Kamis (14/7/2022).

Lanjutnya, khusus untuk permainan outbond merupakan pondasi awal dalam upaya membentuk karakter para generasi muda penerus bangsa yang disiplin, berani, serta memiliki mental yang kuat untuk membela tanah air.

Menurutnya, materi seperti meniti/merayap tali satu, suatu saat akan berguna saat harus melintasi sungai atau medan sulit.

“Kita harapkan juga nantinya mereka bisa menularkannya di lingkungan keluarga, masyarakat, atau kepada generasi selanjutnya,” tandasnya.

Sementara Joko S.Pd selaku Ketua Panitia MPLS menyatakan bahwa outbound militer menjadi warna tersendiri dalam kegiatan MPLS dan LDKS tahun ini. (Aan)

Komentar