oleh

SMSI Gelar Sejumlah Acara Kegiatan di HPN 2019 Surabaya

INILAHONLINE.COM, SURABAYA

Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) tahun ini turut terlibat dalam acara kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 yang diselenggarakan di Surabaya, Jawa Timur, dengan menyiapkan serangkaian acara kegiatan yang dijamin akan meriah.

Diantaranya adalah menggelar Gala Dinner sekaligus Peluncuran Buku Jurnalisme Ramah Pariwisata dan Konser Musik Gebyar Pesona HPN 2019 yang akan diselenggarakan di Lapangan Kodam V Brawijaya, Surabaya, pada Sabtu (9/2) mulai pukul 14.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Dalam Konser hiburan musik itu, sederet artis musisi tanah air dipastikan akan meramaikan konser musik sebagai puncak perayaan HPN 2019.

Diantaranya Band asal Surabaya Padi Reborn, Rizky Febian dan pedangdut Ucie Sucita. Mereka akan unjuk penampilan dengan tembang – tembang andalannya.

Selain dimeriahkan oleh penampilan para musisi, konser ini juga akan diisi oleh campus band competition dan empat grup marching band. Ada juga bazaar multi produk dengan jumlah tenant 25 sampai 30. Panitia juga menyediakan 10 Foodtruck dan 14 Food Stall yang bisa dinikmati oleh pengunjung selama menyaksikan panggung musik. Konser ini akan dipandu oleh host Rico Ceper dan Zahra Nufus.

“Ajang hiburan ini diinisiasi oleh organisasi pemilik dan pengelola media online SMSI di seluruh Indonesia. Ini untuk tahun kedua bagi SMSI turut berkiprah di HPN. “Persiapan sudah cukup matang, dan kami siap meramaikan kota Surbaya di acara HPN 2019 ini, “kata Alqi salah satu penanggung jawab acara ini.

Alqi menjelaskan, pada acara peringatan puncak HPN 2019, SMSI menggelar serangkaian acara mulai tanggal 7 dan 9 Februari. Rerangkaian acara diawali dengan kegiatan seminar di Universitas Dr. Soetomo Surabaya, yang akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kamis (7/2).

“Dalam Seminar ini mengambil tema tentang Jurnisme kemaritiman yang menghadirkan Menko Polkam Luhut Binsar Panjaitan. Kemudian pada malamnya akan ditutup dengan peluncuran buku panduan jurnalisme ramah pariwisata dan galadinner di Ballroom Hotel JW Mariot Surabaya,” ungkapnya,

Lebih lanjut, Alqi menjelaskan, dalam acara Gala Dinner juga akan dimeriahkan oleh artis-artis ternama seperti Ucie Sucita, Fitri Karlina, Lea Simanjuntak, Cak Lontong. Pertunjukan akan lebih seru lagi karena para penyanyi itu akan diiringi musik tradisional Arumba Saung Angklung Ujo,” kata Alqi menjelaskan.

Sementara, Ketua Umum SMSI Auri Jaya mengatakan, kehadiran SMSI di HPN 2019 diyakini memberikan nuansa baru bagi event tahunan segenap insan pers Indonesia, karena mengedepankan digital modern concept sebagai generasi baru media kekinian.

“Sudah waktunya bagi kita para wartawan dan perusahaan pers untuk selalu peka terhadap perkembangan zaman, makanya kegiatan SMSI nanti akan bernuansa digital,” kata Auri Jaya bos Jawa Pos News Network (JPNN) ini.

Auri Jaya juga menambahkan, SMSI juga mendorong gerakan jurnalisme ramah pariwisata. Gerakan ini bertujuan agar karya jurnalistik di Indonesia menjadi lebih informatik dan tidak provokatif, sehingga diharapkan bisa mendorong pariwisata negara.

“Upaya jurnalisme ramah pariwisata tersebut salah satunya dimulai dengan membuat focus group discussion bertajuk Pencanangan Gerakan Jurnalisme Ramah Pariwisata,” pungkasnya.

Diketahui, Hari Pers Nasional (HPN) dirayakan setiap tanggal 9 Februari, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Penetapan HPN didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 1985. Keputusan Presiden Soeharto pada 23 Januari 1985 itu menyebutkan bahwa Pers Nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peran penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.

(Piya Hadi)

Komentar