oleh

Tanggulangi Bencana Alam, Kapolres Tegal Siapkan Tim TNI-POLRI

INILAHONLINE.COM, TEGAL

Bencana alam yang terjadi di Kabupaten Tegal, TNI dan POLRI bersinergi menggelar Latihan SAR sebagai kesiapan dalam penanggulangan bencana ala di wilayah Kabupaten Tegal. Kapolres tegal AKBP Muhammad Iqbal Simatupang, S.I.K memimpin pelaksanaan Apel Latihan SAR Bersama TNI POLRI dalam rangka meningkatkan sinergitas yang dilaksanakan di pantai Purwahamba indah (Pur`in) Kabupaten Tegal. Rabu (3/3/2021).

Menghadapi bencana alam tersebut, jajaran Satuan Sabhara dari Polres Tegal bersama dengan prajurit TNI dari Kodim 0712/Tegal, menggelar latihan bersama penanganan bencana alam banjir. Kegiatan tersebut sebagai antisipasi curah hujan yang terjadi di sejumlah wilayah di Jawa Tengah, termasuk di Tegal yang berpotensi bencana alam seperti tanah longsor dan banjir.

Dalam sambutannya, Kapolres Tegal AKBP M. Iqbal Simatupang, S.I.K mengatakan bahwa pelatihan tersebut merupakan upaya untuk mempersiapkan personel dalam menghadapi ancaman bencana alam, khususnya bencana banjir di wilayah Kabupaten Tegal.

Sebagai aparat, lanjut Kapolres, dituntut harus selalu siap dan sigap jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk membantu penanganan bencana alam banjir, baik di wilayah Kabupaten Tegal maupun di wilayah lainnya.

“Selain melatih kemampuan fisik, personel juga harus memiliki skill yang mumpuni. Di samping itu, latihan bersama ini juga dimaksudkan untuk memupuk sinergitas antara Polri dengan TNI juga dengan instansi lainnya,” papar AKBP M. Iqbal Simatupang, S.I.K.

Dirinya menambahkan, bahwa sinergitas sangat diperlukan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, baik pada saat penanganan bencana ataupun dalam hal lainnya.

Kapolres Tegal bersama Kasdim 0712/Tegal dan Danlanal Tegal mengecek dan melihat secara langsung alat perlengkapan yang dipergunakan dalam giat simulasi ini.

Dalam latihan ini, disimulasikan bahwa ada warga yang terjebak banjir dimana tim melakukan evakuasi. Selajutnya dilakukan pertolongan pertama oleh tim medis Sarsipol selanjutnya dilakukan pemeriksaan pernafasan, denyut nadi, melakulan CPR, dan pemasangan alat bantu pernapasan.

Komentar