oleh

Tanggung Jawab Moral Bamsot Sebagai Wakil Rakyat di Tengah Pandemi Covid-19

INILAHONLINE.COM, JAKARTA

Pesan dan himbauan Presiden Joko Widodo kepada seluruh masyarakat untuk terus bergotong-royong serta menekankan solidaritas sesama anak bangsa di tengah masa sulit menghadapi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), rupanya menggugah rasa sosial Ketua MPR-RI Bambang Soesatyo untuk memberikan bantuan kepada warga di daerah pemilihannya dan melakukan rapid test Covid-19 kepada pengurus DPD II Partai Golkar Dapil Jawa Tengah VII yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara dan Kebumen di Jawa tengah.

Kader Partai Golkar yang akrab disapa Bamsot ini memberikan bantuan berupa 30 tank semprot plus cairan biang disinfektan, 3.000 pcs masker, 300 pack rapid test, 30 karung beras dan uang tunai puluhan juta untuk kegiatan operasional kemanusiaan menghadapi pandemi Covid-19. Adapun bantuan tersebut sudah disalurkan oleh relawan di masing-masing kabupaten, yakni Purbalingga, Banjarnegara dan Kebumen.

“Sebagai wujud tanggung jawab moral saya sebagai wakil rakyat dari daerah pemilihan Jawa Tengah VII, maka dengan bantuan yang sifatnya mitigasi tersebut, minimal bisa turut mencegah warga tertular Covid-19,” ujar Bamsoet yang juga sebagai Kepala Badan Bela Negara FKPPI, Sabtu (18/4/2020)

 

Ditegaskan Bamsoet, warga di berbagai daerah harus tetap mematuhi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang telah ditetapkan pemerintah pusat dan telah diberlakukan di sejumlah daerah, salah satunya dengan tetap melakukan aktifitas di rumah dan tetap memperhatikan physical distancing jika harus ke luar rumah.

“Alhamdulilah, berkat kedisiplinan warga, maka per tanggal 17 April 2020 jumlah pasien yang sembuh dari Covid-19 sudah lebih tinggi dibandingkan yang meninggal. Sebanyak 607 pasien sembuh dan 520 pasien meninggal. Marii kita mendoakan saudara-saudara yang meninggal mendahului kita, serta mendoakan agar yang masih dalam perawatan bisa segera diberikan kesembuhan,” tutur Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila.

Mantan wartawan dan Pemred Majalah Info Bisnis dan Harian Umum Suara Karya ini bererharap, dengan partisipasi warga yang disiplin menjalankan physical distancing, jumlah warga yang positif Covid-19 bisa segera menurun. Hingga Sabtu (18/4) kemarin kasus positif virus Corona di Indonesia mencapai angka 6.248. Angka itu bertambah 325 orang dari sehari sebelumnya. Sementara, jumlah PDP bertambah menjadi 12.979 orang dan ODP menjadi 176.344 orang.

“Pemerintah pusat dan daerah, serta berbagai kalangan swasta maupun ormas dan individu sudah bergerak memberikan banyak bantuan. Tinggal partisipasi warga yang menjadi kunci keberhasilan Indonesia bisa segera terbesar dari virus Corona,” pungkas Bamsoet.

(Piya Hadi)

Komentar