Target Akhir Tahun Rampung, Progres Pembangunan Skybridge Stasiun Paledang Capai 36 Persen

Berita, Megapolitan294 Dilihat

INILAHONLINE.COM, BOGOR — Beautifikasi kawasan Alun – alun, Stasiun Bogor dan sekitarnya terus disempurnakan. Mobilisasi masyarakat dalam menggunakan transportasi umum juga terus diperhitungkan, terutama di Stasiun Bogor dan Stasiun Paledang.

Termasuk salah satunya pembangunan jembatan layang atau skybridge yang menghubungkan kedua stasiun tersebut di Jalan Kapten Muslihat, Kecamatan Bogor Tengah. Pembangunan ini merupakan bagian dari penataan sekaligus pengintegrasian moda transportasi.

“Nah, skybridge ini menjadi titik perhatian kita. Karena tentu saat sudah beres, volume atau peningkatan masyarakat yang ingin memanfaatkan kereta ke Sukabumi saya yakin tambah banyak,” kata Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim saat inspeksi ke proyek pembangunan skybridge, Jumat (16/6/2023) sore.

Alasannya, sambung Dedie, fasilitas di Stasiun Paledang sudah lebih baik. Hasil dari kolaborasi antara Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan Balai Teknik Perkeretaapian (BTP).

“Kemudian kita juga berkeinginan untuk mencarikan solusi untuk PKL yang selama ini kucing – kucingan terus sama kita. Tadi saya menanyakan juga apakah ada kemungkinan misalnya di skybridge ini ada semacam stand untuk UMKM orang Bogor,” tegasnya.

Dedie juga optimis jika penataan sudah rampung, akan ada peningkatan volume trayek menuju Kota Bogor ataupun sebaliknya ke arah Sukabumi. Hal ini seiring pula dengan adanya jalur ganda atau double track yang rencananya tahun ini akan diresmikan.

“Satu paket semua. Jadi doouble track, underpass Batutulis, skybridg dan beberapa JPO yang melintas di beberapa lokasi Bogor Selatan. Akan disekaliguskan akhir tahun ini,” terangnya.

Di lokasi yang sama, PPK dari Balai Besar Teknik Perkeretaapian, Defri Gunawan mengatakan, saat ini progres pembangunan skybridge sudah mencapai 36 persen dan ditargetkan rampung akhir tahun ini, termasuk pengujian – pengujian.

“Kenapa harus diuji, karena kita ingin masyarakat yang menggunakan skybridge ini baik umum dan calon penumpang bisa aman. Seperti kita lihat saat ini sudah ada konstruksi utamanya, baik yang skybridge maupun yang Stasiun Paledang,” jelasnya.(ian Lukito).

banner 521x10

Komentar