Tas Misterius Tak Bertuan Gegerkan Warga Adireja

INILAHONLINE.COM, CILACAP

Selasa malam (18/12) sebuah benda mencurigakan ditemukan tergeletak di gapura Gereja Kristen Jawa (GKJ) Adireja, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap.

Adalah seorang Pendeta GKJ Adirejo, Sri Setyo Utomo yang tengah melintas di gapura Gereja dan mendapati benda misterius itu tergeletak tak bertuan.

“Saat itu kami tengah melintas di depan gapura dan melihat tas berwarna pink. Merasa curiga, kami buka CCTV GKJ. Dari rekaman itu, kami melihat ada 2 orang menggunakan sepeda motor melintas, kemudian menaruh benda itu di gapura,” tukas Pendeta Sri Setyo Utomo menjelaskan kronologi awal penemuan benda misterius tersebut.

Tak mau ambil resiko, Pendeta Sri Setyo Utomo segera melaporkan temuan benda itu ke Polres Cilacap. Sebagai wujud program quick response Polri, personel Polres Cilacap mendatangi TKP. Kasat Sabhara Polres Cilacap beserta tim Halilintar dan Tim dari Subden 4 Den B Pelopor Satbrimob Polda Jateng melaksanakan penanganan awal temuan benda yang dicurigai sebagai bom sembari menunggu kedatangan tim jibom dari Gegana Subden Composite Unit 3 Banyumas.

Tak kenal waktu, meski malam semakin gelap, tim jibom Unit 3 Banyumas menjalankan tugas mulianya.

Tim ini dibawah pimpinan Iptu A. Muslih telah memiliki jam terbang tinggi dalam menangani temuan maupun ancaman teror dengan memanfaatkan benda-benda dengan bahan peledak (bom).

“Kontrak hidup kami adalah siap sewaktu-waktu apabila tugas meminta kita untuk hadir di lapangan,” ujar Iptu Muslih.

Berbekal dengan peralatan mutakhir dan personel dengan keterampilan khusus penjinakan bom, tim mulai bekerja.

“Operator penjinakan bom kami telah melalui pendidikan maupun latihan keterampilan penjinakan bom. Kemampuan serta mental mereka telah teruji dan tentunya berlisensi,” tambah Iptu Muslih.

Hampir kira-kira selama 1 jam, sekira pukul 00.45 WIB, Rabu (19/12), tim berhasil memastikan isi tas misterius temuan Pendeta Sri Setyo Utomo itu.

“Alhamdulillah hanya berisi tupperware. Ya tempat makan untuk anak-anak. Saat ini benda telah diamankan oleh Kasat Reskrim untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” tutur Iptu Muslih seusai melaksanakan tugas penanganan.

Akhirnya warga Adireja, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap dapat kembali tidur dengan nyenyak.

(Humas Satbrimob Polda Jawa Tengah)

banner 521x10

Komentar