oleh

Telusuri Cagar Budaya Jabar Lewat Smiling West Java Historical Railway Tour

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Smiling West Java Historical Railway Tour menjadi tagline atau slogan baru pariwisata Jawa Barat. Slogan ini dipilih agar sektor pariwisata Jawa Barat lebih mempunyai daya tarik para wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara.

Slogan ini pun dirasa sesuai dengan karakter masyarakat Jawa Barat yang sangat kental dengan keramahannya kepada orang lain melalui senyuman. Dengan adanya tagline atau slogan tersebut, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat kemudian menawarkan konsep wisata sejarah jalur kereta bagi wisatawan mancanegara dan dalam negeri.

Konsep wisata ini digaungkan untuk memasyarakatkan kembali wisata kereta Jalur Bogor-Sukabumi-Cianjur. Sebut saja Stasiun Bogor di Jalan Kapten Muslihat, Bogor Tengah yang merupakan cagar budaya yang keberadaannya harus dipertahankan dan dirawat agar menjadi daya tarik wisata.

Menurut beberapa ahli, Stasiun Bogor merupakan stasiun yang indah dan termewah dengan dua tingkat, karena pada zaman dahulu diperuntukkan khusus untuk jenderal Belanda. Bahkan, hingga kini barang-barang pada masa itu masih lengkap tersimpan di Stasiun Bogor.

“Begitu juga stasiun yang dilewati seperti stasiun Batutulis, Maseng, Cigombong, Sukabumi dan Cianjur semuanya cagar budaya,” ujar Kepala Disparbud Kota Bogor Shahlan Rasyidi, Kamis (5/9/2019).

Shahlan mengatakan, peserta yang mengikuti Smiling West Java Historical Railway Tour ini sebanyak 60 orang. Terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Jabar dan ibu-ibu diplomat.

Kegiatan ini tidak hanya naik kereta. Setelah sampai di Cianjur, dilanjut mengunjungi Situs Gunung Padang sebagai salah satu cagar budaya yang ada di Kabupaten Cianjur.

“Kami ingin memperkenalkan dan mempopulerkan ikon wisata yang ada di Jawa Barat. Serta tour ini bertujuan untuk melestarikan nilai-nilai sejarah jalur kereta api,” pungkasnya.

(Periksa Ginting)

Komentar