Tender Proyek Lambat, Dewan Minta Bupati Tegas

INILAHONLINE.COM, CIBINONG

Pengajuan tender pekerjaan oleh Satuan Kerja perangkat Daerah (SKPD) pada Unit Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (ULPBJ) Pemkab Bogor tahun 2019, lebih lambat dibanding tahun sebelumnya.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bogor, Wawan Haikal meminta agar SKPD lebih siap, dan Bupati Bogor bisa menginstruksikan agar lebih cepat.

“Kami sangat menginginkan tahun 2019 ini ada perubahan terkait pekerjaan yang memang sangat diharapkan oleh masyarakat Kabupaten Bogor, tidak boleh lagi ada tender atau pekerjaan yang terlambat, dan kami mohon agar dinas-dinas lebih siap. Semua tergantung instruksi Bupatinya, dan kami mohon Bupati tegas menginstruksikan agar bisa lebih cepat,” ujar Wawan.

Sementara, Kepala ULPBJ Kabupaten Bogor, Budi Cahyadi Wiryadi menjelaskan, secara keseluruhan hingga tanggal 2 April 2019, ULPBJ baru menerima pengajuan sebanyak 76 paket tender dari SKPD. Dirinya mengaku ada penurunan jika dibandingkan tahun 2018 lalu. Per tanggal 2 April 2018 lalu sudah masuk 194 pengajuan paket tender.

“Rincian 76 pengajuan tender yang sudah masuk itu adalah, pengadaan barang 14 paket, pekerjaan konstruksi 6, jasa konsultansi 19, dan jasa lainnya 37 paket, dari tender yang sudah kami lakukan, ada satu yang gagal lelang,” jelas Budi.

Menanggapi hal itu, Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, secara keseluruhan tidak ada kendala dan sudah mendorong setiap SKPD untuk mempercepat pengajuan tender.

“Saya sudah mendorong kepala-kepala agar tender bisa lebih cepat. Sejak saya dilantik, saya memantau kinerja setiap SKPD, jadi jangan ada yang main-main, karena ini untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Bogor,” ujar Ade Yasin, di Gedung Serbaguna I Pemkab Bogor, Kamis (4/4).

Diketahui, sebelumnya Pemkab Bogor telah menggelar rapat koordinasi (Rakor) khusus membahas tender pekerjaan dan evaluasi berjalannya roda Pemerintahan tahap pertama pasca dilantiknya Ade Yasin sebagai Bupati Bogor pada akhir Desember 2018 lalu.

Bupati Bogor telah membangun MoU dengan Kepala SKPD dan Camat agar bisa sinergi menjalankan program yang telah disepakati.

(Zack)

banner 521x10

Komentar