oleh

Terus-menerus Walau Sedikit, SMK Taruna Terpadu 2 (Borcess 2) Gelar Donor Darah

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Mendawami amalan kecil tapi bermanfaat untuk sesama sebagaimana diajarkan Rasulullah SAW: “adwamuha wa in qallaā€¯, diterapkan di kalangan peserta didik SMK Taruna Terpadu 2 (Borcess 2). Wujudnya berupa kegiatan donor darah (20/01/2020) yang mampu menghimpun 38 kantung darah yang telah diserahkan kepada PMI Kota Bogor.

Kegiatan yang dikemas apik oleh OSIS SMK Taruna Terpadu 2 ini berbeda dari tahun sebelumnya. Kali ini mereka bekerjasama dengan PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Bogor, PDDI (Perhimpunan Donor Darah Indonesia) dan PAPEBO (Paguyuban Pecinta Bogor) dalam rangka turut membantu pemerintah untuk mengobati pengidap Thalasemia.

Thalasemia adalah penyakit kelainan darah yang ditandai dengan kondisi sel darah merah, mudah rusak atau umurnya lebih pendek dari sel darah normal (120 hari). Akibatnya penderita thalasemia akan mengalami gejala anemia diantaranya pusing, muka pucat, badan sering lemas, sukar tidur, nafsu makan hilang dan infeksi berulang. Sampai saat ini (Data POPTI 2019) penderita Thalasemia mencapai 370 orang dan 80% berdomisili di Kabupaten Bogor.

Dengan semangat membara , Ketua OSIS SMK Taruna Terpadu 2 (Borcess 2) Wendhy Azis Akmal terus meningkatkan misi dalam jabatannya, menjalankan kegiatan donor darah tiga bulan sekali dengan rutin. “Saya berharap teman-teman, guru, dan juga staff sekolah bisa bekerjasama membantu mengamalkan darahnya bagi orang-orang yang membutuhkan,” tegas siswa kelas 11 Jasa Boga itu.

Di sisi lain, Saiful Bahri selaku kesiswaan berpesan agar kegiatan ini bisa menjadi bakti amal kebajikan bagi seluruh masyarakat sekolah baik yang di dalam maupun diluar. Sekaligus menjadi media pembelajaran bakti sosial terhadap masyarakat.

(Cheyne Amandha Miranda)

Komentar