oleh

Tiap Minggu Seniman Magelang Tampil di TIC

INILAHONLINE.COM, MAGELANG

Melalui Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olah Raga (Disparpora) Kabupaten Magelang, memberi ruang berekpresi kepada para seniman untuk menggelar pentas seni dan budaya di panggung kesenian Tourist Information Center (TIC) Borobudur secara rutin.

“Para seniman bisa pentas kesenian, untuk tampil menghibur dan mengedukasi masyarakat, termasuk para turis manca negara selama 52 minggu atau satu tahun,” ujar Kepala Disparpora Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso, Senin (6/1/2020).

Menurut Iwan, kegiatan pentas seni secara rutin ini, sebagai pembinaan bagi kelompok seni dan pelaku ekonomi ktreatif di tahun 2020. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Disparpora, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Pesona Magelang, serta para pelaku wisata di Kabupaten Magelang.

“Pentas seni secara rutin ini dalam rangka meningkatkan potensi wisata Kabupaten Magelang di komplek TIC Borobudur,” kata Iwan yang sudah melaunching pertunjukan kesenian tradisional dan launching calender of event pariwisata Kabupaten Magelang.

Panggung Kesenian TIC Borobudur, di launching oleh Wakil Bupati Magelang, EdI Cahyana SE, Minggu (5/1/2020). TIC menjadi tempat untuk mengekpresikan seni budaya yang ada di Kabupaten Magelang. Karena seni pertunjukan tradisional, mampu meningkatkan kunjungan wisata di Kabupaten Magelang, serta menambah atraksi budaya di Kawasan Borobudur dan mampu mendorong lama tinggal wisatawan.

Pertunjukan kesenian juga merupakan pembenahan komunitas ekonomi kreatif (sub sektor seni pertunjukan), sehingga diharapkan bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan dari kesenian yang ditampilkan.

“Pertunjukan kesenian ini akan ditampilkan setiap hari Minggu selama 52 kali (setahun). Jam nya pasti 10.00, 13.00, dan 15.00 WIB (3 kali pertunjukan). mau ada penontonya atau tidak pentas seni ini akan tetap berlangsung,” tuturnya.

(Ali Subchi)

Komentar