oleh

Tim Gabungan Gelar Penyekatan PPKM Di Berbatasan Jateng – Yogyakarta

INILAHONLINE.COM, MAGELANG — Aparat gabungan dari Polres Magelang, TNI, Dinas Perhubungan dan Satpol PP Kabupaten Magelang, melakukan penyekatan PPKM arus lalu lintas di perbatasan Jateng – DI Yogyakarta (Tugu Ireng, Salam, Kabupaten Magelang). Penyekatan dilakukan selama tiga hari (Jumat, Sabtu dan Minggu), sebagai langkah antisipasi menekan angka Covid – 19.

Kapolres Magelang, AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK kepada wartawan, Jumat (27/08-2021) mengatakan, meski saat ini angka penularan Covid – 19 mulai landai, namun pada hari libur tim gabungan dari Polres, TNI, Dishub dan Satpol PP, melakukan penyekatan PPKM di perbatasan, tepatnya Tugu Ireng di Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang.

Menurut Kapolres M Sajarod Zakun, penyekatan PPKM di perbatasan Jateng – DI Yogyakarta, bersifat pembinaan kepada pengguna arus lalu lintas, baik pengendara kendaraan roda dua maupun roda empat. Dalam penyekatan, aparat gabungan lebih menekankan penerapan protokol kesehatan, menggunakan maskes dan mensosialisasikan untuk mengikuti vaksinasi.

“Dalam penyekatan, aparat memberikan edukasi kepada pengguna jalan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, dan pentingnya mengikuti vaksinasi. Protkes wajib ditaati oleh semua masyarakat untuk menekan angka penularan Covid – 19,” tambahnya.

Dikatakan, angka covid-19 di Kabupaten Magelang mengalami penurunan berkat pelaksanaan kegiatan penyekatan PPKM Mikro. Dengan adanya kegiatan penyekatan dari PPKM sampai dengan PPKM Darurat angka covid sudah turun. Meski demikian, masyarakat diminta tidak lengah dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Penyekatan kendaraan dilakukan, khususnya pada hari libur. “Kita tidak mengharapkan angka covid ini tinggi kembali, maka kami melakukan penyekatan pada saat hari libur. Hari jumat, Sabtu dan minggu,” jelasnya.

Karena pada hari libur tersebut, banyak pengguna kendaraan untuk ber-rekreasi maupun mengunjungi sanak saudara. Jadi, penyekatan arus lalu lintas di perbatasan dilakukan secara intensif kembali, tetapi bukan melakukan penindakan, tetapi melakukan edukasi terhadap seluruh pengguna kendaraan.

Bagi pengemudi kendaraan, dicek apakah sudah mendownload aplikasi pedulilindungi, termasuk apakah mereka sudah tervaksin, kalo belum akan arahkan untuk mengikuti vaksin. Vaksinasi adalah program milik pemerintah agar seluruh masyarakat bisa tervaksin.

Polres telah menyiapkan gerai gerai vaksinasi yang bisa memudahkan masyarakat untuk mendapatkan vaksin. Peyekatan ini, dilakukan oleh petugas gabungan terutama di rest area dan perbatasan daerah. (ali subchi)

Komentar