oleh

Tim Kajian Daerah Wantannas Dorong Potensi Kabupaten Brebes

INILAHONLINE.COM, BREBES

Kasdim 0713 Brebes, Mayor Infanteri Edwin Samma Baratiku yang mewakili Dandim, Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan serta jajaran Forkopimda Kabupaten Brebes, menerima kunjungan kerja Tim Kajian Daerah Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Setjen Wantannas), yang dipimpin oleh Bandep Urusan Sosial Budaya Setjen Watannas Brigjen TNI Heru Triyanto, S.Sos, di Aula Janderal Soedirman Makodim 0713 Brebes. Kamis (19/11/2020).

Dalam kesempatan ini, Kasdim memaparkan secara singkat tentang berbagai potensi yang ada di Kabupaten Brebes kepada tim tersebut, terutama potensi perikanan dan pariwisata perairan lainnya, agar dapat didorong pengembangan oleh Watannas. Termasuk rencana pengembangan sejumlah potensi wisata di Brebes pasca pandemi covid-19.

Sementara dalam sambutannya, Brigjen TNI Heru Triyanto menyampaikan, bahwa pihaknya bertugas membantu Presiden RI dalam menyelenggarakan pembinaan gerakan ketahanan nasional guna menjamin pencapaian tujuan dan kepentingan nasional.

“Sekretariat Jendral Watannas merupakan supporting unit untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Wantannas itu sendiri, salah satunya adalah membantu memberikan masukan sebagai bahan pertimbangan untuk merumuskan rancangan kebijakan dan strategis nasional,” ungkapnya.

Dijelaskannya juga, mengacuk kepada tugas itu, dirinya bersama rombongan melaksanakan kajian daerah secara periodik, dimana kali ini sasarannya adalah Kabupaten Kabuaten Tegal, Kota Tegal, dan Kabupaten Brebes.

Untuk lingkup kajian daerah yang dilakukan meliputi peninjauan secara langsung ke lapangan, maupun pengumpulan data administratif terhadap kondisi ketahanan nasional di delapan bidang (demografi, geografi, sumber kekayaan, alam, ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya serta pertahanan dan keamanan).

Setelah kegiatan ramah tamah, Brigjen TNI Heru Triyanto memberikan cinderamata kepada Dandim Brebes, dan kemudian melanjutkan kegiatan yaitu mengunjungi tempat pencucian (mesin pencuci) garam di Desa Pesantunan, Kecamatan Brebes, dan juga mengunjungi Obyek Wisata Mangrove Pandansari, Desa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes.

Perlu diketahui, sebelum kunker ke wilayah Kabupaten Brebes, tim dari pusat tersebut berkunjung ke Kabupaten Tegal dan Kota Tegal, selama dua hari, yaitu mulai dari 17-18 Oktober 2020. (Aan)

Komentar