oleh

Tim Nubika Kodam Brawijaya Dikerahkan Hadapi Ancaman COVID-19

INILAHONLINE.COM, SURABAYA

Kodam V/Brawijaya berkomitmen untuk ikut serta berpartisipasi melakukan penanggulangan terhadap ancaman COVID-19.

Beberapa langkah pun, sebelumnya telah dilakukan oleh pihak Kodam, terlebih menyediakan beberapa posko darurat di beberapa rumah sakit.

Kali ini, Kodam berinisiatif untuk menerjunkan tim nuklir, biologi dan kimia (Nubika) dari Satuan Corps Zeni Tempur (Yonzipur) 5/ABW yang bermarkas di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Bahkan, Satuan di bawah kendali Mayor Czi Slamet Riyadi itu juga menggelar uji coba penyemprotan disinfektan di beberapa area Makodam. Kamis (19/3/2020).

“Kita memiliki kemampuan nubika. Nah, disini yang dibutuhkan oleh masyarakat adalah kemampuan biologi. Sekarang kita lakukan dekontaminasi materiil,” katanya.

Dirinya menegaskan jika pihaknya siap membantu masyarakat di Jawa Timur dalam upaya dekontaminasi terhadap virus tersebut. “Apabila dibutuhkan masyarakat maupun Pemerintah Jatim, kami siap membantu,” tegasnya.

Yonzipur, imbuh Mayor Slamet, memiliki kemampuan yang bisa mengetahui letak serangan biologi maupun kimia. Ia meyakini jika keberadaan virus corona saat ini, bisa diatasi.

“Seperti kemarin sudah kita laksanakan sebelumnya di Pulau Natuna dan Pulau Seribu,” ungkapnya.

“Saat itu kita lakukan dekontaminasi personel dengan menggunakan cairan RM-21 dan dicampur dengan matris lain-lainnya. Itu kita semprotkan ke tubuh personel tersebut. Itu salah satu cara sterilisasi,” imbuh Danyonzipur 5/ABW ini.

(Soleh Widarto)

Komentar