oleh

Tingkatkan Profesionalisme dan Kompetensi Wartawan, PWI Kabupaten Bogor Gelar Pra UKW

INILAHONLINE.COM, CIBINONG

Organisasi profesi wartawan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor merasa bertanggung jawab untuk meningkatkan profesionalisme dan kompetensi bagi para jurnalis. Lantaran itu, Rabu (18/11), pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) digelar dan diikuti sedikitnya 48 wartawan dari berbagai media massa lokal mau pun nasional.

Kegiatan pra UKW PWI Kabupaten Bogor tersebut menghadirkan sejumlah tim penguji dan pemateri, diantaranya Ketua Komisi Kompetensi PWI Pusat, Kamsul Hasan, pengurus PWI Jawa Barat, Wawan Juwarna dan Agus Dinar. Selain itu juga dihadiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan dan tamu undangan lainnya.

Ketua PWI Kabupaten Bogor H. Subagyo menyebutkan, kegiatan pra UKW ini sengaja digelar untuk meningkatkan kapasitas profesi wartawan. Apalagi, bagi para jurnalis yang akan bergabung dengan PWI harus lulus mengikuti UKW, yang menjadi salah satu syarat sesuai aturan yang berlaku dalam organisasi profesi wartawan tertua di Indonesia.

“Saya mohon teman-teman semua agar memanfaatkan sebaik-baiknya momentum ini, karena ini jadi tuntutan dan juga sebagai salah satu syarat menjadi anggota biasa PWI adalah lulus UKW,” sebut Bagyo.
Hal serupa ditegaskan perwakilan pengurus PWI Jawa Barat, Agus Dinar yang mengatakan, di era 4.0 saat ini, publik sangat mudah mengakses informasi di berbagai media melalui internet. Karena itu, wartawan harus meningkatkan profesionalismenya dan kompetensinya. Sehingga, dengan kompetensi dan professional seorang jurnalis menciptakan karyanya, dipastikan menumbuhkan karya jurnalis dan pers yang sehat, serta mengabarkan informasi obyektif dan professional.

“Tentunya, UKW bukan saja bermanfaat bagi wartawan, tapi bermanfaat juga bagi narasumber, karena wartawan yang profesional tentunya akan menulis secara proporsional dan professional, tidak menulis berita yang tidak sesuai informasi data dan faktanya,” tegas Agus.

Sedangkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan, yang membacakan sambutan Bupati Bogor, Ade Yasin menyebutkan, di masa pandemi Covid-19 saat ini, peran media sangat penting sebagai media informasi yang mengedukasi masyarakat terkait protokol kesehatan dan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Karena itu, pemerintah Kabupaten Bogor berkepentingan untuk terus bersinergi dengan insan pers, terkait mendorong partisipasi masyarakat untuk keterbukaan informasi publik. Selain itu, PWI yang merupakan organisasi Pers tertua di Indonesia, diharapkan menjadi wadah yang bisa menciptakan para jurnalis yang profesional dan berkompeten.

“Saya mengapresiasi, kegiatan Pra-UKW yang digagas PWI ini, semoga sukses terus pers Indonesia dengan ini kegiatan pra UKW PWI Kabupaten Bogor resmi saya buka,” sebut Bupati Bogor, dalam sambutannya.

Sebelumnya, Bupati Bogor, Ade Yasin diagendakan akan hadir dalam kegiatan pra UKW PWI Kabupaten Bogor tersebut, namun di saat yang bersamaan, ternyata Ade Yasin yang juga Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jawa Barat ini, dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19, setelah pemerik tes usap pada Senin (16/11). (DB/red)

Komentar