oleh

Tipu Korban 1,5 Miliar, Dua TNI AL Gadungan Ditangkap Denintel Koarmada I di Sunter

INILAHONLINE.COM, JAKARTA

Detasemen Intelijen (Denintel) Koarmada I berhasil menangkap 2 orang TNI Angkatan Laut Gadungan yang melakukan aksi penipuan terhadap warga di Sunter Jakarta Utara, Selasa (16/7).

Penangkapan terhadap 2 orang TNI AL Gadungan tersebut berawal dari adanya laporan dari korban Bunawan yang merasa curiga terhadap kedua pelaku yang mengaku sebagai pejabat TNI AL.

Menindaklanjuti informasi tersebut, Denintel Koarmada I melaksanakan pengintain dan mengatur strategi pertemuan dengan kedua pelaku di RM. Rumpi Jalan Danau Indah Raya C2 No. 2A Sunter RT.7 RW.13 Sunter Jaya Jakarta Utara.

Dari hasil pertemuan dengan kedua pelaku, diketahui bahwa kedua pelaku merupakan warga sipil yang mengaku sebagai pejabat TNI AL dengan pangkat Laksamana dan Kapten. Hal tersebut diketahui setelah Anggota Denintel Koarmada I menanyakan kartu tanda anggota dan satuan kerja pelaku, kedua pelaku terlihat gugup dan tidak bisa menujukkan identitas TNI. Selanjutnya dilaksanakan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui motif pelaku.

Akibat aksinya tersebut, kedua pelaku telah berhasil memperdayai korbannya Bunawan yang tertipu sebesar Rp. 1.500.000.000 (satu milyar lima ratus juta rupiah).

Adapun data pelaku yaitu Warsito (54), Alamat Jalan Sojayan Desa Campursari Kecamatan Bulu RT. 01 RW. 02 Kabupaten Temanggung Jawa Tengah, Pekerjaan Swasta(Mengaku sebagai Laksamana Suryo Darsono, S.E.) dan S. Rochiq (52), Alamat Kampung Kalong Karees RT. 002 RW. 011Kelurahan Kalongliud Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor Jawa Barat, Pekerjaan Wiraswasta(Mengaku sebagai Kapten TNI AL). Selanjutnya kedua pelaku diserahkan ke Pomal Lantamal III untuk proses lanjut ke pihak Kepolisian.

(Taruna Jaya Ginting)

Komentar