UKS, Menumbuhkan Kesadaran dan Kemauan Hidup Sehat

27/03/2018 7:19:06 Kategori:

INILAHONLINE.COM, BOGOR - Untuk bisa menikmati hidup sehat maka seseorang harus membiasakan diri hidup secara sehat. Untuk mampu membiasakan diri hidup secara sehat maka sejak usia dini, seseorang perlu dibimbing tentang cara hidup sehat dan membangun kebiasaan hidup secara sehat. Dengan maksud itulah seyogianya setiap sekolah menyelenggarakan program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Program ini dapat dijabarkan di masing-masing sekolah melalui penyelenggaraan pendidikan kesehatan. Baik dengan kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler. Selanjutnya melakukan bimbingan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta menyelenggarakan pelayanan kesehatan terutama dengan upaya-upaya promotif. Selebihnya, mewujudkan lingkungan fisik, lingkungan mental dan sosial di sekolah yang sehat, serta lingkungan sekolah yang nyaman dan aman.

Menurut Lia Siti Nurmalita, Sekretaris Tim Pembina UKS/M Kota Bogor, dengan tujuan menstimulasi kemajuan program UKS di masing-masing sekolah, pihaknya telah menyelenggarakan berbagai kegiatan. “Kegiatan itu antara lain berupa Lomba Sekolah Sehat mulai dari tingkat kecamatan, tingkat kota dan tingkat provinsi,” katanya.

Lia Siti Nurmalita, Sekretaris Tim Pembina UKS/M Kota Bogor

Juga ada lomba Dokter Kecil dan lomba Keterampilan Peer Remaja. Tim juga melakukan monitoring dan evaluasi terhadap penerapan program UKS di sekolah-sekolah dan menyelenggarakan berbagai pelatihan yang diikuti perwakilan berbagai instansi terkait.

Pada tahun 2017 tercatat sebagai pemenang Lomba Sekolah Sehat tingkat Kota Bogor, TK Akbar untuk tingkat TK/RA, SD Insan Kamil untuk tingkat SD dan SMP Insan Kamil untuk tingkat SMP. TK Akbar terus melaju ke tingkat nasional, setelah sebelumnya berhasil menjadi terbaik pertama di tingkat Provinsi Jawa Barat.

Menjabarkan UKS di TK Akbar

Ada banyak cara yang dilakukan pimpinan beserta para guru di TK Akbar untuk menjabarkan UKS di lingkungan sekolahnya. Semua upaya yang dilakukan itu pada dasarnya adalah untuk memberi pengetahuan, memperkaya pengalaman serta membimbing anak-anak didik, agar mereka bisa berperilaku dan mampu membiasakan diri hidup secara bersih dan sehat.

Menurut Wakil Kepala Sekolah TK Akbar, Dian Nurina, SPd. pemberian pengetahuan, wawasan serta bimbingan kepada para siswa diarahkan untuk membangun kesadaran dan kemauan setiap siswa agar dapat berperilaku hidup bersih dan sehat. Pengetahuan misalnya, diberikan melalui nyanyian-nyanyian tentang kesehatan dan perilaku bersih dan sehat yang disertai gerakan-gerakan tubuh serta cerita tentang manfaat kebersihan dan kesehatan.

Untuk pembiasaan, mereka antara lain diajak selalu mencuci tangan sebelum beraktivitas serta menyikat gigi bersama secara berkala. “Mereka dibiasakan mencuci tangan dengan 7 gerakan yang dikenal sebagai cuci tangan yang baik dan benar,” kata Dian. Para siswa juga dibiasakan membawa bekal makanan yang bergizi seimbang dan menghindari makanan instan serta mengandung penyedap berlebih.

Para orangtua diajak bekerjasama untuk meminimalkan jenis makanan kurang bergizi pada bekal anak. Di sekolah para guru memonitor bekal setiap siswa ketika menikmati snack time.

“Alhamdulillah dari tadinya mereka tidak suka makan sayur dan ikan, sekarang mereka menjadi mau makan sayur dan ikan,” tambah Dian.

Selain itu para siswa dibekali buku kalender kegiatan di rumah. Di buku tersebut mereka bersama para orangtuanya mengisi kolom-kolom isian yang mencatat aktivitas sehat dan bersih di rumah. Diantaranya aktivitas seperti cuci tangan, gosok gigi, menggunting kuku, membuang sampah dan sebagainya.

“Kalender inilah yang dinilai tim juri pada lomba kemarin sebagai salah satu kelebihan program kami,” ujar Eri Nuraini SPd., Ketua Tim UKS TK Akbar.

Untuk memperkaya pengalaman, para siswa diajak bercocok tanam. Hasil panen sayuran yang mereka tanam kemudian dimasak bersama dalam acara cooking time. Di samping itu di setiap kelas ada siswa yang ditunjuk sebagai duta toga, duta sampah, duta KTR, duta jumantik dan dokter kecil. Mereka berperan memberikan pengetahuan tentang bidangnya masing-masing kepada teman-temannya dan juga orangtuanya. Tak heran jika ada siswa yang sudah mampu mengingatkan bapaknya untuk tidak lagi merokok. Atau memberi tahu orangtuanya tentang manfaat daun binahong sebagai tanaman obat.

Selain melalui berbagai kegiatan, UKS di TK Akbar didukung dengan sarana prasarana serta lingkungan fisik sekolah yang bersih, rapi dan lengkap. TK ini memiliki ruang klinik kesehatan lengkap dan tertata rapi dengan pencahayaan yang cukup. Toilet yang juga bersih dibuat terpisah untuk perempuan dan laki-laki, serta ruang belajar dan aktivitas yang bersih dan terang. Di bagian belakang tersedia sebidang kebun sayuran dan kolam ikan untuk kegiatan pembelajaran serta taman asri yang berada di bagian samping. Juga tersedia ruang khusus untuk makan bersama serta arena bermain indoor maupun outdoor.

Dengan penampilan seperti itu dan diperkuat para pendidik berpengalaman, pantaslah TK Akbar mampu meraih predikat sebagai sekolah dengan UKS terbaik di Provinsi Jawa Barat Tahun 2017. Wajar pula apabila TK Akbar akhirnya bisa menjadi suatu kebanggaan bagi warga Kota Bogor, karena sedang merintis jalan untuk bisa keluar sebagai juara nasional UKS. Semoga berhasil! (Advertorial)