oleh

UKW Tumbuhkan Profesionalisme Wartawan Di Era Digitalisasi

INILAHONLINE.COM, MAGELANG — Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP mengatakan, dengan dilaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bagi para wartawan, diharapkan bisa meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dari para kalangan wartawan di era digitalisasi saat ini.

“Peranan wartawan, merupakan bagian dari kontrol sosial,” kata Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP dalam sambutannya yang dibacakan Asisten 1 Sekda Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi, pada pembukaan UKW di Balkondes Ngargogondo, Borobudur, Magelang, Selasa (15/3-2022).

Di era digitalisasi media yang saat ini berkembang, maka menguatnya peranan media sosial di masyarakat, dan peran wartawan menjadi sangat penting untuk memberikan informasi kepada masyarakat yang berimbang.

Ketua Komisi Pendidikan PWI Pusat, Hendro Basuki menjelaskan, sebanyak 12 ribu wartawan anggota PWI se -Indonesia telah dinyatakan kompeten dalam menjalankan tugas jurnalistiknya, setelah mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) yang dilaksanakan oleh Dewan Pers.

“Tahun ini merupakan tahun ke-11 kita melakukan uji kompetensi wartawan. Di PWI sendiri sudah ada 12 ribu lebih wartawan anggota PWI yang dinyatakan kompetensi wartawan dalam berbagai jenjang, baik muda, madya dan utama,” katanya.

UKW ke-34 PWI Jateng kali ini merupakan kerja sama dengan PT Semen Gresik. Ini adalah kali kelima PWI Jateng bekerja sama dengan PT Semen Gresik menggelar UKW.

Dari sekitar 25 ribu jumlah keseluruhan wartawan yang ada di seluruh Indonesia, lanjut Hendro, PWI telah menyumbang sekitar 16 ribu anggotanya telah mengikuti UKW dengan berbagai hasil yang dicapai dalam UKW tersebut.

Menurutnya, dengan banyaknya anggotanya yang telah mengikuti UKW tersebut, peranan organisasi wartawan PWI sangat diperlukan, agar para wartawan tersebut memiliki kualitifasi dann menjadi wadah dalam menjalani tugas profesi itu.

“Kalau wartawan kompeten, berarti ia sudah beres dalam urusan-urusan teknik jurnalistik, etika jurnalistik, dan urusan-urusan yang berkaitan dengan hukum pers,” katanya.

Ketua PWI Jateng, Amir Machmud NS mengatakan, kegiatan UKW bagi para anggota PWI Jateng yang dilaksanakan di Kabupaten Magelang ini, merupakan UKW kelima bersama dengan PT Semen Gresik Pabrik Rembang.

Kepala Departemen Hukum dan Komunikasi PT Semen Gresik, Gatot Mardiyana mengatakan, keterlibatan PT Semen Gresik untuk mendukung pelaksanaan UKW anggota PWI Jateng dalam rangka mendukung peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

“ Ini merupakan sebuah amanah yang akan kami emban, terutama fokus dari PT Semen Gresik menjadi prioritas utama peningkatan kapasitas sumber daya manusia , khususnya bagi para wartawan,” ujarnya. (Ali Subchi)

banner 521x10

Komentar