oleh

Universitas Pertahanan Buka Fakultas MIPA Militer

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Universitas Pertahanan (Unhan) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) University menandatangani kerjasama dalam rangka pembukaan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unhan. Kerjasama tersebut ditandatangani secara online oleh Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria dan Rektor Unhan Laksda TNI Amarula Octavian pada Senin (4/5/2020).

“Ini adalah merupakan upaya yang sangat konstruktif bagi kita untuk terus meningkatkan kolaborasi antara perguruan tinggi di Indonesia. Karena era sekarang adalah era kolaborasi,” ujar Rektor IPB.

 

Dalam siaran pers Biro Komunikasi IPB University yang diterima INILAHONLINE.COM, Senin (4/5/2020), Prof Arif Satria menerangkan, kolaborasi ini sangat penting untuk saling memperkuat antara Unhan dan IPB University. Dengan kerjasama ini, IPB University siap mendukung Unhan membuka fakultas baru yaitu FMIPA Militer. Ia juga berharap dengan dijalinnya kerjasama ini dapat dihasilkan sesuatu yang penting bagi bangsa seperti riset, inovasi, lulusan yang unggul dan pengabdian bagi masyarakat.

Sementara itu Rektor Unhan Laksda TNI Amarula Octavian mengungkapkan kerjasama ini merupakan kerjasama yang sangat mendesak dilakukan karena kebutuhan untuk membuka FMIPA Militer. Fakultas ini nantinya terdiri dari empat program studi yaitu Matematika, Biologi, Fisika dan Kimia.

“Pembukaan fakultas baru ini dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan dari Menhan dan TNI. Para lulusan dari masing-masing program studi nantinya akan bekerja secara penuh sebagai prajurit-prajurit TNI,” papar Amarula Octavian.

Ia menjelaskan, materi yang akan diajarkan di FMIPA Militer ini memiliki muatan 20 persen yang mengacu pada kebutuhan militer, seperti matematika militer yang digunakan untuk menghitung kecepatan rudal, ramuan kimia dari serbuk mesiu dan lainnya.

“Materi-materi itulah yang nantinya termuat dalam FMIPA Militer. Kami sangat berharap kerjasama ini bisa segera dimulai karena pembukaan fakultas akan dilakukan bulan Agustus mendatang,” pungkas Amarula Octavian.

Secara teknis, kerjasama ini akan dibantu oleh FMIPA IPB University sehingga diharapkan kerjasama tersebut dapat berjalan sesuai dengan rencana.

(Periksa Ginting)

Komentar