oleh

Wabup Bogor Minta Organisasi Kepemudaan Bantu Pemerintah Menghadapi Bonus Demografi

INILAHONLINE.COM, CIBINONG

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan menghadiri seminar forum kepemudaan dengan tema “bonus demografi dalam mensinergikan program pancakarsa” , bertempat di Gedung Tegar Beriman, Cibinong Selasa (30/7/2019).

Dalam sambutannya Wakil Bupati Bogor mengatakan sinergitas para pemuda serta organisasi kepemudaan di Kabupaten Bogor, terutama di dalam membantu mensukseskan visi misi dan program strategis Pemerintah Kabupaten Bogor secara menyeluruh, terutama dalam menghadapi peluang bonus demografi 2020-2030.

“Kami berharap mudah mudahan dengan visi dan misi melalui program unggulan pancaskarsa ini, dapat bersinergi dengan kebijakan Pemerintah pusat, terutama dalam menghadapi peluang bonus demografi tahun 2020-2030,”ungkapnya.

Iwan Setiawan mengungkapkan Indonesia diprediksi akan mengalami bonhs demografi pada tahun 2020-2030 yang akan datang. Kondisi dimaba populasi penduduk usia produktif akan lebih banyak (70%) daripada penduduk usia tidak produktif (30%) namun demikian bonus demografi ibarat pedang bermata dua. Satu sisi berkah, jika kita berhasil mengambil manfaatnya dan satu sisi lainnya adalah bencana, apabila kualitas sumberdaya manusia tidak disiapkan dengan baik.

“Pemerintah pusat melalui berbagai kebijakan terus melakukan upaya-upaya dalam mengatisipasi dan memfasilitasi peluang bonus demografi 2020-2030 diantaranya melalui peningkatan jumlah lapangan kerja dan peningkatan kualitas sumberdaya manusia,”ungkapnya.

Ia juga mengatakan pada kesempatan yang baik ini, Pemerintah Kabupaten Bogor ingin menyampaikan komitmen pembangunan bidang pariwisata melalui branding Kabupaten Bogor sebagai ” City Of Sport Tourism”. Kami berharap seluruh perangkat daerah Pemerintah Desa dan berbagai pemangku kepentingan pembangunan terutama pemuda dan organisasi kepemudaan untuk bersama sama mendukung dan mengoptimalisasikan seluruh potensi dan sumber daya alam, sumber daya manusia serta sumber daya anggaran dan kebijakan.

Selanjutnya, ia menyampaikan bahwa pada kepemimpinannya visi jangka menengah daerah adalah terwujudnya Kabupaten bogor termaju, nyaman dan berkeadaban yang ditopang oleh program pancakarsa.

“Dalam karsa bogor sehat, kami memiliki misi mewujudkan masyarakat yang berkualitas, dalam karsa bogor berkeadaban kamu memiliki misi mewujudkan masyarakat yang memiliki kesalehan sosial”

Lebih jauh, dalam rangka meningkatkan jumlah lapangan kerja dalam karsa bogor maju kami memiliki misi mewujudkan perekonomian daerah yang berdaya saing, salah satunya melalui program prioritas pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah.

“Secara khusus, pemerintah kabupaten bogor mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan terutama kepada para pemuda dan organisasi yang telah berkontribusi menjadi penyambung informasi kepada masyarakat” tutupnya.

(Kristian B Lukito)

Komentar