oleh

Wadanpusterad Apresiasi Program Bedah Rumah Satgas Pamtas Yonif 741/GN

INILAHONLINE.COM, TIMUR TENGAH UTARA-NTT

Upaya tanpa lelah membantu kesulitan masyarakat di Perbatasan RI-RDTL, khususnya melalui program Bedah Rumah, Satgas Pamtas Yonif 741/GN mendapatkan apresiasi dari Wakil Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Wadanpusterad) Brigjen TNI Joko Warsito di Timur Tengah Utara, NTT. Kamis (2/5/2019).

Komandan Satgas (Dansatgas) Yonif 741/GN Sektor Barat Mayor Inf Hendra Saputra, S.Sos., M.M. mengatakan, Tim Asistensi kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) yang langsung dipimpin oleh Wadanpusterad ini bertujuan untuk mengecek secara langsung keberhasilan pelaksanaan Binter di Perbatasan RI-RDTL.

“Kegiatan Binter disini, diawali dengan menerima hormat jajar dari personel Makosatgas Yonif 741 kepada Wadanpusterad, dilanjutkan dengan menerima paparan Dansatgas terkait dengan kegiatan teritorial yang telah dilakukan selama bertugas,” ungkap Hendra.

Setelah menerima Paparan dari Dansatgas, didampingi seluruh Perwira Makosatgas, Wadapusterad dan rombongan menuju ke lokasi peresmian bedah rumah dan dilanjutkan menuju ke Pos terdekat yaitu di Desa Haumeniana Kecamatan Bikomi Ninulat.

“Disela-sela kegiatan, Wadanpusterad menyampaikan apresiasi terhadap capaian kegiatan Binter yang dilakukan oleh Satgas, khususnya Program Bedah Rumah yang dikerjakan ditengah-tengah pelaksanaan tugas pengamanan di perbatasan,” ucap Hendra.

“Program bedah rumah ini merupakan tindaklanjut dari Komsos (Komunikasi Sosial) anggota Satgas, baik dalam penentuan sasaran maupun dalam pelaksanaan pekerjaan yang memang melibatkan berbagai pihak termasuk warga sendiri. Oleh karena itu, nantinya, jika ada pergantian maka akan kita serahterimakan agar program bedah rumah ini dapat dilanjutkan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Hendra mengatakan, rumah yang diresmikan Wadanpusterad merupakan rumah kedelapan dan kesembilan dari 12 rumah yang direncanakannya selama masa bakti di wilayah Sektor Barat.

“Target kami 12 rumah sampai akhir penugasan bisa tercapai, karena hari ini dilaksanakan peresmian 2 rumah sekaligus di wilayah kecamatan Miomafo Barat. Namun kalau memungkinkan, kami akan bangun melebihi target, dan semuanya kami lakukan semata-mata untuk kemanusiaan,” tegas Hendra.

Setelah peresmian, Erasmus Tefa salah seorang penerima program bedah rumah hasil kreasi Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Mekanis 741/GN Sektor Barat, tak henti-henti berucap terima kasih kepada satuan yang dipimpin oleh Mayor Inf Hendra Saputra itu. Kedua orang tuanya sudah meninggal puluhan tahun silam, Erasmus yang merupakan penyandang disabilitas cacat pada kaki bagian kanan dan selama ini tinggal di sebuah rumah bulat seorang diri.

“Saya merasa senang karena TNI membantu membuatkan satu buah rumah besar untuk saya,” katanya dengan berlinang air mata.

Pada kunjungan tim Asistensi tersebut terdiri dari Wadanpusterad beserta istri, Dirbindiklat Pusterad Kolonel Inf Shobri beserta istri, dan Kasi Binsat Pusterad Mayor Inf Suratno.

(Pen Pamtas Yonif 741/GN)

Komentar