Wagub Uu Instruksikan Damkar Dibentuk Dinas

Berita, Megapolitan294 Dilihat

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Sesuai arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, Wakil Gubernur Jawa Barat Ruzhanul Ulum menginstruksikan kepada para kepala daerah agar membentuk dinas kebakaran yang mandiri dan tidak tergabung dengan perangkat daerah lainnya sebagai penguatan kelembagaan kebakaran.

“Sebagaimana halnya penyelenggaraan urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar lainnya, pemadam kebakaran harus berdiri sendiri sebagai sebuah dinas. Dengan begitu dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab serta dalam melayani dan melindungi masyarakat akan maksimal,” kata Uu Ruzhanul saat menjadi inspektur Upacara HUT Damkar Ke-100, Satpol PP Ke-69 dan Satlinmas Ke-57 Tahun 2019 Tingkat Provinsi Jawa Barat yang dipusatkan di lapangan Sempur, Kota Bogor, Selasa (26/03/2019).

Selain itu perlu juga dilakukan penguatan-penguatan seiring tugas dan fungsi yang diemban, mulai dari kapasitas daya aparatur, secara kuantitas terpenuhi, secara kualitas terjamin kompetensinya melalui diklat.

Penguatan sarana prasarana penunjang dalam pelaksanaan tugas fungsi, utamanya sarpras untuk proteksi aparatur dan penyelamatan masyarakat.
Disamping itu harus ada alokasi anggaran yang memadai bagi pencapaian target standar pelayanan minimal yang berpedoman pada peraturan Mendagri yang berkaitan dengan penyusunan RKPD dan APBD.

Untuk pembentukan dinas yang mandiri, lanjut UU Ruzhanul Ulum harus berpedoman pada hasil pemetaan urusan sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 94 Tahun 2016.

Instruksi yang disampaikan, menurutnya didasari karena belum memadainya apresiasi atas beban tugas dan resiko pekerjaan yang ditanggung, ketimpangan daerah dalam penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum (trantibum) linmas, khususnya kebakaran, yang belum menjadi prioritas sebagai urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar, masih sangat dirasakan.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bogor, Herry Karnadi usai upacara menyampaikan bahwa pembentukan dinas kebakaran yang diamanahkan dalam sambutan inspektur upacara akan ditindak lanjuti bagian Sekretariat Daerah (Setda) Kota Bogor dibawah pimpinan Sekretaris Daerah (Sekda) dan melibatkan beberapa perangkat daerah yang terkait.

“Ada beberapa indikator yang dilihat untuk dijadikan dinas yang mandiri, saat peringatan tingkat nasional disinggung hal yang sama, pastinya perlu proses dan waktu serta kemampuan daerah seperti apa, belum lagi personil dan fasilitas pendukung dinas lainnya,” kata Herry Karnadi.

(ian Lukito)

banner 521x10

Komentar