oleh

Wakil Walikota Bogor Lantik Pengurus Kelompok Tani Warga BBC Kota Bogor

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Wakil Walikota Bogor, Dedie A. Rachim melantik 20 anggota Kelompok Tani Desa Sejahtera Rohani Jasmani (KETRANSARI), Bukit Cimanggu City (BCC) Kota Bogor, Rabu (23/12/2020)

Pelantikan yang dilaksanakan di lapangan Seroja, Blok U, RT 10 RW 14, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat itu sebagai upaya warga bangkit dari keterpurukan ditengah Pandemi Covid-19. Adapun keberadaan kelompok tani ini mendapatkan dukungan dari pemerintah Kota Bogor, khususnya Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bogor (DKPP) Kota Bogor.

Wakil Walikota Bogor dan Kapolsek Tanah Sareal Kota Bogor bersama Pengurus Ketansari BBC Kota Bogor

Menurut Wakil Walikota Bogor, kelompok tani KETANSARI masuk ke urutan 225 kelompok tani yang telah diresmikan di Kota Bogor. Dalam kondisi Pandemi ini ternyata mendorong warga untuk lebih kompak dalam mengatasi berbagai persoalan rumah tangga, dari persoalan kekurangan gizi, kecukupan pangan hingga perbaikan ekonomi.

“Jumlah 225 kelompok tani di Kota Bogor tersebut diantaranya terdiri dari 83 Kelompok Tani Desa (KTD), 131 Kelompok Wanita Tani (KWT) serta 11 Kelompok Tani Taruna (KTT),” kata Didie A rachim dalam arahannya kepada pengurus kelompok tani yang disaksikan Kepala Bidang Holtikultura dan Penyuluhan DKPP, Dian Herdiawan.

Selain itu, Wakil Walikota Bogor dihadapan perwakilan DKPP agar mengatakan, bahwa Pemkot Bogor memberikan dukungan penuh kepada setiap kelompok tani, khususnya KETANSARI BCC diantaranya melalui Program Pekarangan Lestari (P2L).

“Harus ada ciri khas dari setiap kelompok tani agar lebih bermanfaat terhadap lingkungan dan warganya, kami selaku pemerintahan mendukung sepenuhnya gerakan seperti ini dan bisa mengajukan bantuan melalui P2L ke dinas terkait.” imbuh Dedie.

Sementara itu Ketua KETANSARI Guntur Mardiko menyampaikan apresiasi kepada Pemkot Bogor dan penyuluh pertanian wilayah Tanah Sareal yang memebrikan dukungan penuh atas terbentuknya kelompok tani warga perumahan BBC Kota Bogor yang dipimpinnya.

Selain itu, pihaknya juga idak menyangka kegiatan kami ini bisa didukung penuh demikian besar oleh pihak dinas terkait, seperti lurah dan penyuluh pertanian.

“Keberadaan kelompok tani ini belum lama berproses dan masih harus banyak belajar, namun demikian ternyata sampai pak Wakil Walikota Bogor bisa langsung datang melantik kami.” tutur Guntur.

Ketua Ketansari Guntur Mardiko menyerahkan cindera mata produk unggulan ibu rumah tangga peserta KETANSARI BCC berupa teh daun kelor dan sketsa wajah

Seremoni peresmian lokasi berkebun dan beternak ini berjalan hanya 30 menit dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, setelah dilantik Wakil Walikota Bogor menebarkan bantuan 1000 ekor ikan lele di kolam milik KETANSARI BCC tersebut, serta menanam pohon sebagai simbol gerakan bersama #bogorberkebun demi kemaslahatan warga yang terlibat dan lingkungan sekitar.

Acara ditutup dengan penyerahan cindera mata berupa kenang-kenangan produk unggulan ibu rumah tangga peserta KETANSARI BCC berupa teh daun kelor dan sketsa wajah Wakil Walikota Bogor karya salah satu warga RT 10 RW 14, Kris Wardhana.

Turut hadir dalam acara peresmian lahan fasilitas umum terbengkalai yang telah disulap menjadi lokasi berkebun sistem hidroponik dan kolam ikan terpal tersebut Camat Tanah Sareal Sahib Khan, Lurah Tanah Sareal Uay Sutiawan dan Kapolsek Tanah Sareal Kompol Indrianingtyas. (CJ/Suwardi Rosadi)

Komentar