Warga Desa Batu Gede Cilebut Diberi Penyuluhan Akan Bahaya Narkoba Bagi Masa Depan Anak Bangsa

15/04/2018 20:29:05 Kategori:

INILAHONLINE.COM, BOGOR - Minimnya pengetahuan masyarakat tentang bahaya narkoba dan tentang perlindungan bagi mantan pemakai narkoba, serta tempat rehabilitasi bagi para pecandu narkoba.
Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pilar Nusa Bogor bekerjasama dengan Badan Anti Narkoba (BNNK) Kabupaten Bogor dan Polres Kabupaten Bogor, mengadakan sosialisasi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba dan Masa Depan Anak Bangsa di Cilebut Kampung Batu Gede Rt 09 Rw 07 Kabupaten Bogor. Yang dihadiri 70 peserta dan mendapatkan sertifikat penyuluhan, Jumat (14/4/2018).

Kepala Desa Batu Gede, Muhadi mengatakan saat pembukaan acara sosialisasi sabagai Kepala desa dirinya bertugas sebagai kepala desa tidak semuanya permasalahan warga bisa di selesaikan oleh kepala desa setempat.

"Permasalahan narkoba, sodomi, salah satu contoh permasalahan yang tidak bisa di selesaikan oleh kepala Desa dan dengan adanya sosialisai masalah narkoba, semoga permasalahan di daerah kami bisa bebas dari narkoba dan warga saya jangan sampai kena narkoba," kata Muhadi.

"Saya juga berharap ada pihak LBH (Lembaga Bantuan Hukum, red) bisa memberikan bantuan untuk masyarakat kami yang terkena hukum karena narkoba,"harap Muhadi.

Perwakilan Polres Bogor Ipda H. Dodi Mulyadi menjelaskan tentang akan bahaya narkoba, begitu banyaknya jenis Narkoba yang beredar. "Bahaya narkoba itu sangat fatal sekali dan rata-rata pemakai narkoba akan kecanduan serta bisa berakibat kematian," kata Ipda Dodi Mulyadi.

Masih kata Dodi, dirinya berharap agar masyarakat dapat menjaga setiap daerahnya jangan sampai ada warga yang memakai narkoba. "Begitu banyaknya jenis narkoba yang makin marak di negara kita ini," harapnya.

Sementara Ketua (LBH) Lembaga Bantuan Hukum PILAR Nusa Bogor Kusnadi SH.MH.C.P.L mengatakan kegiatan ini merupakan penyuluhan untuk masyarakat Desa Batu Gede terkait Penyalahgunaan narkoba dan masa depan anak bangsa.

Bahaya narkoba merupakan tanggung jawab bersama dan perlu peran serta semua pihak dalam menanggulangi narkoba yang sudah menjadi salah satu bahaya Nasional.

"LBH Pilar Nusa Bogor akan selalu siap melakukan pendampingan hukum kepada masyarakat terutama masyarakat tidak Mampu serta bersinergi baik dengan pihak kepolisian dan BNN untuk lebih mengutaman pencegahan daripada penindakan," kata Kusnadi.

Hal yang sama dikatakan Perwakilan dari (BNNK) Bogor, Rika Indiarti R, SP, M.SI. Sosialisasi akan bahaya narkoba sangat di perlukan bagi masyarakat, karena begitu banyaknya penerus bangsa yang sudah rusak terkena Narkoba dan penggunanya sudah kepelosok pinggiran kota.

"Oleh karena itu kami dari BNNK siap membantu masyarakat yang ingin sembuh dari ketergantungan narkoba. Kami juga akan selalu menjaga nama orang yang telah memberikan informasi kepada kami apabila ada pemakai atau pengedar di daerah mereka tinggal," jelas Rika Indiarti.

Ketua Forum Masyarakat Batu Gede, Reymon Ali merasa senang dengan adanya penyuluhan sosialisasi bahaya narkoba di daerahnya, dirinya bersyukur pihak Polres Bogor dan BNNK serta PILAR Nusa Bogor mau memberikan penyuluhan bagi masyarakat Desa Batu Gede.

"Saya sangat senang sekali dengan adanya sosialisasi tentang masalah Narkoba ini, agar orang tua dan para anak muda di daerah kami bisa tau tentang bahaya narkoba, serta tidak perlu takut bagi pemakai narkoba yang mau sembuh pihak BNNK mau mendampingi bagi para pecandu Narkoba yang ingin kembali kejalan yang benar," ujar Reymond

"Saya juga berharap semoga sosialisasi yang di adakan oleh pihak LBH PILAR Nusa Bogor, BNN bisa berdampak baik bagi warga kabupaten Bogor, khususnya Desa Batu Gede," imbuhnya. (ian Lukito)