oleh

Warga Lereng Bukit Menoreh Mulai Kekurangan Air Bersih

INILAHONLINE.COM, MAGELANG

Musim kemarau, Polres Magelang bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, melakukan dropping air bersih kepada wraga leteng bukit Menoreh, di Dusun Sembungan Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Selasa (13/8).

“Prediksi BMKG, musim kemarau hingga September 2019. Kami membantu warga untuk memenuhi air bersih,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kabupaten Magelang, Supranowo SH MM.

Menurut Supranowo, untuk desa yang mengalami krisis air bersih, pihak BPBD melakukan dropping air bersih dala. dua tiga hari sekali. Dropping air bersih sepanjang ada permintaan dari desa, atau memperhatikan kebutuhan desa, dua tiga hari sekali dilakukan droping air, dengan membawa truk tangki 5000 liter per titik dropping.

Kegiatan yang dikemas dalam program Andum Tirto tersebut juga sekaligus dalam rangka menyambut HUT Polwan ke 71. “Program Andumtirto atau berbagi air bersih ini sesuai dengan permintaan masyarakat, dimana kepala desa bisa mengajukan permohonan di Polres Magelang untuk bantuan air bersih,” ungkap Kabag Perencanaan Polres Magelang, Kompol Sumaryati.

Dalam kesempatan tersebut, Kades Kembanglimus, Iswoyo SPD, didampingi Kasi Pemerintahan Desa Kembanglimus, Sunaryo, mengatakan, di Desa Kembanglimus terdapat tujuh dusun, dan yang paling parang mengalami kekeringan adalah Dusun Sembungan, Dusun Wonotigo dan Dusun Gombong.

“Biasanya saat musim hujan masyarakat Dusun Sembungan mengandalkan mata air dari Dusun Bogelan, namun saat kemarau air sumber mata air surut. Kami mewakili warga ucapkan terimakasih atas bantuan air bersih ini, yang memang dilakukan setiap tahun di musim kemarau,” tutur Iswoyo.

(Ali Subchi)

Komentar