oleh

Warga Pelanggan Tirta Pakuan Kota Bogor Diminta Siap-Siap Tampung Air Dirumah

INILAHONLINE.COM, BOGOR – Warga Kota Bogor, khusunya pelanggan Perumda Tirta Pakuan diminta untuk siap-siap menampung air di rumah. Pasalnya, Pasalnya, Perumda Tirta Pakuan akan melakukan pemeliharaan pada sistem penyediaan air minum (SPAM) Katulampa yang rencananya dimulai pada Senin (16/5/2022).

“Kegiatan itu meliputi penggantian gate valve dan juga pemeliharaan pada instalasi pengolahan air.,” kata Direktur Teknik Perumda Tirta Pakuan Ardani Yusuf.

Lebih lanjut Ardani Yusuf mengatakan, dua kegiatan tersebut sebagai bentuk pemeliharaan pelayanan pada zona 7, yakni penggantian gate valve dari sistem butterfly valve ini, sambungnya, untuk memaksimalkan pasokan air baku ke SPAM Katulampa mengingat kondisinya saat ini terganjal sampah.

“Jadi kita akan melakukan pemeliharaan di prasedimentasi, dimana diketahui semua bahwa kemarin banyak terkendala dengan kekeruhan cukup tinggi di zona 7. Nah, kita akan mengganti gate valve diameter 70 sentimeter dari awalnya butterfly valve,” tandas Ardani, Rabu (11/5/2022) lalu

Menurutnya, rencananya penggantian gate valve tersebut akan dilaksanakan pada Senin (16/5/2022) dengan proses pekerjaan dimulai pukul 08.00 WIB, dan diperkirakan selesai pukul 16.00 WIB. Dengan adanya kegiatan ini tentunya akan menghentikan produksi air 300 liter per detik di SPAM Katulampa.

“Pelaksanaan penggantian gate valve kemungkinan tanggal 16 Mei. Tadi kita evaluasi terkait persiapan. Persiapan material harus sudah ada di lapangan sebelum pelaksanaan dan saat ini sudah 80 persen untuk material,” jelasnya.

Masih kata Ardani Yusuf, sebelum pelaksanaan perbaikan tentunya akan dilaksanakan simulasi terlebih dulu. Hal ini sebagai langkah antisipasi agar pada saat pelaksanaan nanti jangan sampai ada terkendala teknis dan sebagainya. Karena selama penghentian produksi air akan dimanfaatkan untuk melakukan pemeliharaan pada instalasi pengolahan air SPAM Katulampa, yaitu pengurasan sedimentasi dan pembersihan filtrasi.

“Jadi ada dua program yang kita lakukan, yaitu penggantian gate valev dan juga pemeliharaan SPAM Katulampa. Untuk itu, kami mengingatkan kepada departemen pengaliran untuk mengantisipasi kemungkinan pelayanan berhenti selama delapan jam,” ucapnya.

Direktur Teknik (Dirtek)  Perumda Tirta Pakuan tersebut juga minta bagian produksi untuk mengoptimalkan produksi air pada saat malam hari, sehingga level air maksimum 4,40 meter sudah tercapai di pagi hari.

“Kemudian dalam pengaliran kita akan dibantu dari zona 1 pasokan dari WTP Cikeureuteg 40 liter per detik dan mata air Tangkil 120 liter per detik termasuk dari zona 2 yang dipasok IPA Bantar Kambing untuk beberapa wilayah zona 7, seperti Griya Katulampa, Parung Banteng dan juga Bantar Kemang,” paparnya.

Namun pelayanan yang kemungkinan besar sedikit terganggu pada zona 7, antara lain Kemang Regency, Pajajaran Indah, Villa Duta, pihaknya akan menerapkan pengaturan pendistribusian air untuk di wilayah-wilayah terdampak. Sealin itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan departemen umum Perumda Tirta Pakuan untuk menyiapkan tangki air di wilayah-wilayah tersebut.

“Ini kalau terganggu hanya beberapa wilayah saja, tidak seluruhnya zona 7, minimal MBR, Sukaraja, Cimahpar, Raden Kanan sampai Cibuluh diusahakan tidak terganggu,” ucapnya.

Ardani Yusuf menekankan rencana penggantian gate valve ini betul-betul matang lantaran jangan sampai terjadi molor dalam pekerjaannya. Sehingga ketika pekerjaan selesai bisa langsung kembali memproduksi air.

“Jika pemeliharaan selesai 8 jam, mulai produksi lagi, mengisi lagi pada malam hari, mudah-mudahaan untuk wilayah bawah dari Cimahpar ke Cibuluh tidak terganggu, tetapi pada wilayah atas biasanya recovery minimal satu hari,” imbuhnya. (PH)

banner 521x10

Komentar