Widiatmoko : Kota Sukabumi Masuk Delapan Besar Nasional Modern City

Daerah471 Dilihat

InilahOnline.com (Bandung-Jabar) – Kota Sukabumi menjadi yang pertama meraih gelar modern city dengan penerapan modernisasi jaringan dari kabel tembaga menjadi 100 persen fiber optic. Bahkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan Kota Sukabumi masuk kategori delapan besar nasional yang melaksanakan konsep smart city di Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Propinsi Jawa Barat, Hening Widiatmoko mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi.

“Kota Sukabumi menjadi daerah pertama mewujudkannya, kami apresiasi berarti ada inisiatif dari daerah tersebut untuk mewujudlan smart province,”kata Kadiskominfo Jabar kepada wartawan, belum lama ini.

Ada empat kota di wilayah Jawa Barat yang berpotensi memprakarsai terwujudnya smart province. Ke empat kota tersebut meliputi Kota Sukabumi, Kota Bogor, Depok dan Kota Bandung.

Widi sapaan Kadiskominfo Jabar mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat bertekad mewujudkan Smart Province, dengan target tersebut, sejumlah kabupaten/kota di Jabar harus menggambarkan smart province dengan mewujudkan smart city terlebih dahulu.

“Mereka sudah memiliki pengembangan TIK secara baik di daerahnya. Apalagi sudah disiapkan sumber daya manusianya,”ujarnya

Widi menambahkan, upaya mewujudkan smart provice tidak hanya sebatas menyiapkan kecangggihan peralatannya saja. Namun, jauh lebih penting menyiapkan organisasi pengelolaannya termasuk SDM.

“Sistem informasi yang baik, tidak hanya mengandalkan peralatannya saja tetapi juga menyiapkan organisasi pengelolaannya termasuk SDM,”ujarnya.

Diskominfo Jabar pun akan mendukung upaya setiap Kabupaten/kota di Jawa Barat dalam mewujudkan smart city. Selain itu, mendorong daerah lain agar meujudkan samart city guna menjadikan Propinsi Jawa Barat sebagai smart province.

Sejauh ini, Diskominfo Jabar akan mendata kabupaten/kota yang sudah melakukan langkah terwujudnya smart city sehingga ke depannya ditemukan data jumlah kabupaten/kota yang sudah termasuk kategori smart city. “Kalau itu sudah ada, kami dari Diskominfo Jabar akan mendorong agar kabupaten/kota yang lain mengikuti langkah yang sama,”pungkasnya. (Hilda)

banner 521x10

Komentar