oleh

WSSI tetapkan PDAM Tirta Pakuan sebagai perusahaan terbaik

-Megapolitan-135 Dilihat

InilahOnline.com (Kota Bogor) – PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, tercatat menduduki peringkat pertama sebagai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) terbaik se – Indonesia.

Data tersebut berdasarkan hasil survey Lembaga Water Supply and Sanitation Index (WSSI) yang diselenggarakan oleh BPPSPAM (Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum)  Kementrian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat).

Untuk membuat indeks yang merepresentasikan pelayanan air bersih dan sanitasi, ada 2 jenis survey yang diterapkan. Metode pertama difokuskan pada pengumpulan data persepsi dari anggota rumah tangga tentang kualitas pelayanan air dan sanitasi yang mereka terima atau dikenal dengan soft data.

Sekitar 300 rumah tangga dari 100 kabupaten yang masuk dalam area program air bersih dan sanitasi dipilih secara acak dan disurvei oleh rekanan IndII, terdiri dari mitra universitas, perusahaan konsultan swasta, dan konsultan nasional.

Metode kedua adalah pengumpulan Hard Data dari Pemerintah Daerah dan PDAM. Jika soft data fokusnya pada pengalaman sehari-hari rumah tangga.

Kabag Humas dan Sosial PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Nerry Agustina, mengaku bangga dengan hasil pencapaian PDAM saat ini. “Meski demikian, pihaknya mewakili jajaran staff PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor tidak akan terlena dengan hasil yang diraih saat ini. Tetapi dengan adanya hasil tersebut, PDAM tetap akan terus meningkatkan mutu serta kualitas kepada pelanggan PDAM,” ujarnya, Senin (10/4/17).

Sebagai informasi, WSSI adalah indeks, dimana salah satu lembaga pengevaluasi pelayanan air bersih dan sanitasi pemerintah daerah. Tujuan dari WSSI adalah untuk mendorong pemerintah Daerah untuk melakukan perubahan yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan air bersih dan sanitasi. (nicko)

banner 521x10

Komentar